Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PRIME Perkenalkan Software 6SigmaDC

Tren pertumbuhan data center di Indonesia yang makin dinamis saat ini

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in PRIME Perkenalkan Software 6SigmaDC
ISTIMEWA
Managing Director PT Pradata Integra Media (PRIME) Nikolas Budi Pradoto, menjelaskan tentang proses kerja software 6SigmaDC, pada penyelenggaraan “Data Center Dynamics 2015” di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/4/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tren pertumbuhan data center di Indonesia yang makin dinamis saat ini, menuntut ketersediaan infrastruktur teknologi informasi (TI) andal yang dapat menciptakan efisiensi, efektivitas, dan fleksibilitas dalam menjalankan berbagai aktivitas kalangan pelaku usaha dan pemerintahan.

Fakta yang terjadi di lapangan, performa keandalan data center yang tersedia relatif rendah, sehingga sering mengalami downtime, karena perangkat overheating atau pun kekurangan daya listrik. Selain itu, end-user maupun IT operation belum memiliki parameter yang pasti untuk mengukur tingkat efektivitas penggunaan suatu sumber daya. Keadaan ini menyebabkan terjadinya pembengkakkan biaya operasional.

Padahal, ketersediaan infrastruktur cerdas sangat diperlukan untuk memetakan performa data center sehingga kompleksitas yang terjadi dapat dikelola dengan baik.

Pernyataan itu diungkapkan Managing Director PT Pradata Integra Media (PRIME) Nikolas Budi Pradoto, pada peluncuran software 6SigmaDC di sela penyelenggaraan “Data Center Dynamics 2015” yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (28/4).

Produk 6SigmaDC adalah software yang dapat digunakan untuk menguji dan memprediksi pengaruh dari hasil perubahan konfigurasi, jumlah, tata letak, dan kepadatan perangkat infrastruktur bagi kondisi lingkungan data center, khususnya dari aspek tata udara dan kelistrikan.

"Cara kerja 6SigmaDC adalah dengan memodelkan kondisi riil data center serta perencanaan perubahannya ke dalam suatu fasilitas virtual. Model ini kemudian diuji dan disimulasikan terlebih dulu sebelum perubahan diimplementasikan, sehingga risiko kegagalan sistem atau gangguan terhadap operasional data center dapat dihindari," kata Nikolas.

Di Indonesia, perangkat ini telah dioperasikan di antaranya, di data center BPAD Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

BERITA TERKAIT

Nikolas menjelaskan, pengoperasian software 6SigmaDC pada sistem yang ada di data center akan menghadirkan sistem manajemen infrastruktur yang cerdas, sebab data center dapat beroperasi secara efisien, andal, dan fleksibel, terutama dalam menjawab tantangan bisnis di masa depan.

Disebutkan 6SigmaDC menggunakan basis analisa Computational Fluid Dynamic (CFD), yang merupakan ilmu aritmatika untuk menghitung dan menganalisa aliran udara. Selain itu, kekuatan software ini juga terletak pada kelengkapan katalog produk yang terdaftar (library).

"Software 6SigmaDC mampu menggambarkan secara nyata spesifikasi detail dari perangkat yang disimulasikan," jelas dia.

Dijelaskan, bagi kalangan end user atau IT operation, 6SigmaDC dapat dijadikan sebagai tools untuk menghindari risiko downtime.

"Software 6SigmaDC dapat mensimulasikan sekaligus memprediksi akibat yang akan terjadi dari setiap perubahan atau pun penambahan hardware di dalam data center.

PT Pradata Integra Media (PRIME) adalah perusahaan perencanaan, pembangunan, audit, dan manajemen data center yang berkedudukan di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada awal tahun 2013 oleh sejumlah profesional berpengalaman di bidang industri data center dan infrastruktur Teknologi Informasi (TI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas