Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ilmuwan Kembangkan Lensa Kontak yang Bisa Perbaiki Penglihatan

Lensa kontak tersebut cocok untuk memperbaiki bentuk kornea mata

Ilmuwan Kembangkan Lensa Kontak yang Bisa Perbaiki Penglihatan
Daily Express/Getty
Lensa kontak terbaru kembangan ilmuwan, yang berfungsi memperbaiki bentuk kornea mata dan rabun jauh, alias mata minus. (Daily Express/Getty) 

TRIBUNNEWS.COM, BIRMINGHAM - Selama ini yang diketahui lensa kontak hanya bisa membantu penglihatan mata dan mempercantik bola mata.

Namun, lensa kontak terbaru hasil kembangan sejumlah ilmuwan ini dikatakan bisa memperbaiki penglihatan dan disebut sebagai sebuah penemuan besar.

Dikutip dari Daily Mail, lensa bernama Orthokeratology atau ortho-K itu terbukti dapat mengembalikan bentuk kornea mata sembari dipakai tidur.

Menurut hasil laporan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Advances in Ophthalmology And Visual Systems, lensa tersebut memang harus dipakai ketika tidur di malam hari untuk mendapatkan hasilnya.

Lensa kontak tersebut cocok untuk memperbaiki bentuk kornea mata untuk mengurangi atau memperbaiki miopi (rabun jauh) atau mata minus, hingga yang tingkat terparah sekalipun.

"Saya sangat bersemangat. Teknik ini memiliki potensi besar dan saya yakin seterusnya akan mengubah cara para ahli untuk menangani rabun jauh," kata seorang ahli mata dari Aston University, Prof James Wolffsohn.

Kemampuan dari lensa itu telah terbukti dari hasil percobaan yang telah dilakukan di 10 klinik mata AS selama tiga tahun, pada ratusan anak dan dewasa.

Berfungsi seperti kawat gigi yang membenarkan bentuk gigi atau rahang seseorang, lensa kontak ini diharapkan selanjutnya dapat digunakan untuk memperlambat rabun jauh pada anak. (Daily Express/Daily Mail)

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas