Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menu Sarapan Sehat

8 Manfaat Chia Seeds, Menu Sarapan Pagi Kaya Nutrisi!

Chia seeds jarang sekali dijadikan menu sarapan pagi, padahal biji-bijian ini memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja ya kelebihannya?

8 Manfaat Chia Seeds, Menu Sarapan Pagi Kaya Nutrisi!
Shutterstock
Chia seeds jarang sekali dijadikan menu sarapan pagi, padahal biji-bijian ini memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja ya kelebihannya? 

TRIBUNNEWS.COM – Menu sarapan pagi yang baik tentulah harus memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sumber energi, sarapan juga bisa meningkatkan konsentrasi bahkan menangkal berbagai penyakit. Coba saja membuat menu sarapan pagi dengan menggunakan chia seeds.

Superfood yang satu ini sudah dipakai sebagai obat oleh suku Maya sejak zaman purbakala. Lalu, apa saja manfaat chia seeds yang sudah diakui oleh para ahli?

Kaya nutrisi, rendah kalori

Meski berukuran kecil, tahukah Anda 2 sendok chia seeds mengandung nutrisi yang tinggi? Setidaknya Anda sudah mengkonsumsi kandungan serat yang mampu melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol, protein yang berfungsi untuk kekebalan tubuh, kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, serta magnesium yang dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung.

Yang paling penting, chia seeds memiliki kadar kalori rendah, hanya 137 kalori per 2 sendok makan sehingga berat badan tetap ideal dan memperbaiki kesehatan jantung.

Baca: 5 Manfaat Pentingnya Sarapan Bagi Tubuh, Mana Yang Anda Rasakan?

Kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan pada chia seeds mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit. Kemudian, antioksidan ini juga berfungsi menjaga nutrisi Omega-3 dalam chia seeds bertahan lama.

Hampir semua karbohidrat adalah serat

Rupanya 1 ons chia seeds memiliki 12 gram karbohidrat, yang mana 11 gramnya adalah serat. Serat sendiri berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang dapat menyebabkan sakit jantung. Kemudian, mengkonsumsi serat bisa melancarkan pencernaan sehingga baik bagi Anda yang kesulitan buang air besar.

8 Manfaat Chia Seeds, Menu Sarapan Sehat Kaya Nutrisi!
Menu sarapan pagi dengan chia seeds, baik untuk kesehatan tubuh.

Protein berkualitas tinggi

Chia seeds mengandung protein dalam jumlah banyak. Setidaknya ada 14% protein sebagai sumber energi bagi tubuh dan menjaga sistem imun tubuh sehingga menghindarkan Anda dari berbagai virus, bakteri, dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Mencegah penuaan dini

Tidak hanya untuk tubuh, manfaat biji chia juga bisa Anda rasakan untuk kecantikan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chromatography, kandungan senyawa antioksidan pada chia seeds bisa mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Rutin mengkonsumsi superfood ini bisa memperbaiki sel kulit yang rusak.

Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah tinggi yang terjadi secara konsisten dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis, diantaranya diabetes dan penyakit jantung. Beberapa penelitian telah membuktikan, bahwa mengkombinasikan menu sarapan pagi dengan biji chia bisa menurunkan kenaikan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Membantu menjaga nafsu makan dan mood seseorang

Kandungan triptofan pada chia seeds ternyata mampu mengontrol nafsu makan Anda seharian. Bagi Anda yang mudah stres, sebaiknya konsumsi biji-bijian ini sebagai menu sarapan pagi untuk menjaga mood yang berpindah-pindah.

Mengandung asam lemak Omega-3

Dilansir dari penelitian dari University of Texas di Austin, biji chia memiliki kandungan Omega-3 lebih banyak dibandingkan ikan salmon. Omega-3 terbagi menjadi 3: lemak tak jenuh ganda (PUFA), DHA (asam Docosahexaenoic) dan EPA (asam Eicosapentaenoic), dan ALA (asam alfa-linolenat).

DHA dan EPA memiliki pengaruh yang sangat kuat bagi kesehatan. DHA berperan penting untuk kesehatan otak. Zat ini mampu mencegah terjadinya Alzheimer, depresi, dan ADHD. Sedangkan EPA mendukung kesehatan jantung dengan melancarkan aliran darah di arteri.

Masih ragu makan chia seeds sebagai menu sarapan pagi? Anda bisa membuat smoothies atau sereal yang dicampurkan dengan biji chia. Namun, jika Anda tidak sempat membuat sarapan ini, konsumsilah Entrasol Quickstart yang praktis dan juga bernutrisi!

Entrasol Quickstart, lebih dari minuman sereal biasa dilengkapi dengan PRO-FIT Formula untuk mengisi harimu dengan yang bernutrisi dan pas kenyangnya.Entrasol Quickstart, lebih dari minuman sereal biasa dilengkapi dengan PRO-FIT Formula untuk mengisi harimu dengan yang bernutrisi dan pas kenyangnya. (Kalbe Store)

Entrasol Quickstart merupakan satu-satunya minuman sereal dengan chia seeds, yang diperkaya dengan oat pilihan yang dapat menjaga pencernaan Anda serta dilengkapi dengan Pro-fit Formula untuk mengisi hari-hari Anda.

Terdiri dari 2 rasa, yaitu Vanilla Veggie dan Chocolate, menu sarapan pagi Anda jadi lebih berwarna dan pas kenyangnya.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Menu Sarapan Sehat

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas