Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lawan Faktor U

4 Tanda Penuaan Dini Yang Perlu Anda Waspadai dan Cara Mencegahnya

Penuaan dini bisa dicegah dengan mengetahui ciri-cirinya. Tidak hanya kerutan di kulit, tetapi juga perubahan fisik pada tubuh.

4 Tanda Penuaan Dini Yang Perlu Anda Waspadai dan Cara Mencegahnya
Shutterstock
Kenali 5 gejala penuaan dini! 

TRIBUNNEWS.COM – Menjadi tua memang tidak bisa dihindari, tetapi menjadi tua sebelum waktunya, perlu diketahui penyebabnya. Penuaan dini merupakan salah satu yang paling ditakuti banyak orang.

Ada beragam faktor yang mempengaruhi gejala ini, mulai dari gaya hidup tidak sehat, pola makan yang salah, keturunan, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol pun dapat menghasilkan radikal bebas.

Faktor eksternal seperti sinar matahari dan cuaca juga bisa menjadi penyebab terjadinya penuaan dini.

Cegahlah sebelum terlambat dengan waspadai ciri-cirinya!

Tulang dan sendi kaku

Salah satu tanda penuaan dini yang terlihat adalah tulang Anda yang mulai melemah. Mereka jadi kurang padat dan lebih rapuh sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Kemudian, sendi pun terasa lebih kaku. Hal ini disebabkan cairan dan tulang rawan yang melapisi sendi dapat berkurang. Ketika jaringan di antara-antara sendi ini rusak, maka bisa timbul peradangan.

4 Tanda Penuaan Dini Yang Perlu Anda Waspadai dan Cara Mengatasinya

Baca: Tulang Keropos dan Pentingnya Konsumsi Susu Tinggi Kalsium

Tubuh mudah lelah

Aktivitas harian tidak terlalu berat, tetapi tubuh selalu merasa cepat lelah? Jangan-jangan Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Energi dalam tubuh dihasilkan dari proses pernapasan yang dibantu dengan adanya asupan makanan.

Dalam proses tersebut, ada bangunan bernama mitokondria yang berperan aktif dalam mengubah oksigen menjadi energi bagi tubuh.

Nah, jika tubuh sudah memasuki proses penuaan, akan terjadi penurunan fungsi dan jumlah dari mitokondria. Hal ini berpengaruh  pada pembentukan energi di dalam tubuh sehingga tak heran kalau Anda mudah merasa lelah.

Badan pegal-pegal

Anda akan merasa badan pegal-pegal karena tubuh mengalami perubahan hormonal, yakni berupa penurunan beberapa hormon yang akan membuat tubuh semakin mudah lelah.

Sistem imun menurun

Faktor “U” memang tidak bisa dihindari. Fisik yang semakin menua turut membuat sistem imun dalam tubuh berkurang. Melemahnya kekekalan tubuh ini dapat membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit yang disebabkan virus, parasit, dan bakteri jahat.

Untuk mencegah badan pegal-pegal dan tubuh tahan penyakit, sebaiknya miliki asupan nutrisi yang tepat. Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh dan bermanfaat untuk menjaga massa tulang, mencegah osteoporosis, sampai melindungi dari berbagai penyakit.

Selain kalsium, antioksidan juga diperlukan untuk memperlambat penuaan dini pada kulit karena dapat menangkal radikal bebas.

Baca: Badan Pegal dan Mudah Lelah? Ini Pentingnya Minum Susu Tinggi Kalsium!

Konsumsilah susu tinggi kalsium dibandingkan susu biasa. Mengapa? Selain tinggi kalsium, tubuh kita juga membutuhkan asupan dengan nutrisi yang lengkap. Susu tinggi kalsium Entrasol bisa menjadi solusi. Mengandung P-Bones, Anda dapat mencegah osteoporosis pada tulang dan juga menghindarkan tubuh dari rasa pegal.

4 Tanda Penuaan Dini Yang Perlu Anda Waspadai dan Solusinya

Entrasol juga mengandung antioksidan dari ekstrak zaitun, yang dapat memperlambat proses penuaan dini dan menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit jantung koroner. Lebih dari itu, susu tinggi kalsium tidak mengandung banyak lemak sehingga tidak perlu khawatir berat badan akan naik.

Dengan mengkonsumsi nutrisi dan gaya hidup yang tepat, Anda bisa mencegah penuaan dini dan terhindar dari pengeroposan tulang.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Lawan Faktor U

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas