Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aktif Sampai Tua

4 Kandungan Nutrisi Lansia yang Tepat Agar Tetap Aktif

Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi lansia yang dapat menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan atau penyakit lainnya.

4 Kandungan Nutrisi Lansia yang Tepat Agar Tetap Aktif
Shutterstock
Penuhi kebutuhan nutrisi lansia agar Anda tetap sehat dan bugar. 

TRIBUNNEWS.COM – Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membutuhkan asupan gizi tertentu agar tubuh tetap sehat dan bugar. Khusus bagi lansia, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi lansia yang dapat menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan atau penyakit lainnya.

Konsumsi 5 nutrisi lansia di bawah ini ketika sudah menginjak usia 60 tahun.

Protein

Lansia membutuhkan jumlah protein lebih banyak daripada orang dewasa muda, yaitu sekitar 1,2 gram per harinya. Protein baik untuk membangun dan memperbaiki jaringan serta menambah massa otot.

Hal ini penting agar Anda tidak mengalami sarkopenia, yaitu kondisi degenerasi otot yang membuat tubuh menjadi lebih lemah. Beberapa gejala yang terjadi di antaranya sering merasakan nyeri otot, tangan yang tidak mudah menggenggam, dan radang sendi.

Selain itu, protein juga bisa menjadi sumber energi. Anda bisa mendapatkan asupan gizi ini di dalam ikan, telur, ayam, dan susu.

Kalsium

Nutrisi lansia yang satu ini sering masuk dalam daftar gizi wajib dikonsumsi usia 60an ke atas. Pasalnya, zat-zat seperti kalsium, vitamin D, dan magnesium bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Pada kondisi lebih serius, osteoporosis atau tulang keropos bisa membuat tulang menjadi sangat rapuh dan mudah patah hanya karena kejadian ringan, seperti jatuh atau terpeleset.

Manula membutuhkan 2.000-2.500 mg kalsium per hari. Anda bisa mendapatkannya dari susu, buah-buahan seperti jeruk, alpukat, pepaya, mangga, dan kurma.

4 Kandungan Nutrisi Manula yang Tepat Agar Tetap AktifTidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi, manula juga perlu aktif bergerak.

Vitamin dan Mineral

Fungsi tubuh mengalami penurunan sehingga lansia membutuhkan vitamin agar tidak mudah sakit. Beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan seperti vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin B12 untuk mengurangi risiko demensia, omega-3 untuk daya ingat, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya konsumsi vitamin dan mineral ini langsung melalui makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. 

Serat

Gangguan pencernaan sering terjadi pada lansia. Gangguan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kandungan serat. Selain untuk melancarkan pencernaan, serat penting untuk mengontrol kadar lemak dan gula dalam darah.

Penting untuk memperhatikan asupan gizi yang aman untuk pencernaan lansia. Pasalnya, tidak semua sayur dan buah-buahan bisa dicerna usus. Nafsu makan pada lansia juga menurun bahkan merasa tidak lapar sama sekali.

Jika sudah begini, Anda perlu mempersiapkan asupan nutrisi tambahan yang mudah dikonsumsi dan tentu memiliki rasa yang nikmat. Entrasol Senior hadir menjawab permasalahan tersebut.

4 Kandungan Nutrisi Lansia Agar Tetap AktifEntrasol Senior.

Entrasol Senior terdiri dari 2 varian rasa yaitu vanilla dan coklat, dengan kandungan Tinggi Protein, Tinggi Kalsium, Tinggi Serat, 11 Vitamin & 8 Mineral yang tepat untuk kesehatan lansia agar tetap aktif.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Aktif Sampai Tua

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas