Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kebaikan Multigrain

Prediksi Tren Makanan Sehat di Tahun 2021, Salah Satunya Multigrain!

Penting untuk memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah multigrain.

BizzInsight
Prediksi Tren Makanan Sehat di Tahun 2021, Salah Satunya Multigrain!
Shutterstock
Ilustrasi multigrain. 

TRIBUNNEWS.COM – Di situasi yang rentan terserang penyakit seperti sekarang ini, membuat banyak orang lebih peduli terhadap kesehatan. Belakangan ini konsumsi makanan sehat semakin meningkat semenjak merebaknya virus COVID-19 di tahun 2020.

Para ahli mengungkapkan kebiasaan makan sehat ini ternyata akan terus berlanjut di tahun baru loh! Alasannya simple, karena tentu saja banyak orang ingin meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari ragam penyakit.

Makanya penting untuk memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah multigrain.

Lalu, apa sih itu multigrain? Makanan sehat ini terdiri dari campuran berbagai jenis beras, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Inilah yang menjadikan multigrain begitu menyehatkan, karena campuran dari gandum dan biji-bijian tersebut mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya bahkan sangat kaya vitamin dan mineral!

multigrain serat
Berbagai jenis biji-bijian.

Karena kaya akan gizi itulah, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari multigrain. Penasaran apa saja? Cek fakta-faktanya di bawah ini!

Kaya akan antioksidan

Multigrain mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga kita bisa terhindari dari penyakit seperti sakit jantung, stroke, hingga kanker. Dilansir dari Kompas.com, menurut Ahli Teknologi Pangan IPB, Prof. Dr. Made Astawan, multigrain juga dapat membantu mengontrol tekanan darah agar stabil.

Sumber serat yang baik

Multigrain rupanya juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat serat adalah menurunkan kolesterol dalam darah. Melansir WebMD, biji-bijian mengandung serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan serat tinggi juga dapat melancarkan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Ketika kita mengkonsumsi serat, feses dalam usus pun menjadi lebih lembut dan mudah melewati usus.

Meningkatkan imunitas tubuh

Karena serat dalam multigrain dapat melancarkan pencernaan, hal ini rupanya juga berpengaruh pada imunitas tubuh. Melansir dari Kompas.com, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp. GK mengungkapkan jika semakin sehat saluran pencernaan seseorang maka sistem imunnya akan semakin baik. “Jadi 70 persen sistem imun tubuh kita itu dipengaruhi kesehatan saluran cerna,” ujar Diana.

Maka dari itu, untuk meningkatkan imun tubuh, penting untuk mengkonsumsi multigrain secara rutin. Untuk bisa merasakan manfaatnya, multigrain bisa dikonsumsi dengan beragam cara.

Entah itu sebagai menu sarapan pagi, campuran roti (roti multigrain), hingga yang lebih praktis camilan sehat seperti Fitbar yang terbuat dari multigrain sebagai sumber serat yang baik untuk pencernaan.

fitbar
Fitbar (Kalbe)

Camilan sehat ini terbuat dari multigrain seperti Australian oats, corn flakes, dan quinoa utuh murni yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Fitbar juga memiliki sumber vitamin A, B12, C, tinggi kalsium, dan hanya mengandung 90 kkal per saji sehingga rendah kalori dan bebas kolesterol.

Soal rasa, Fitbar sangatlah beragam, mulai dari rasa cokelat, fruit, tiramisu, dan nuts sehingga bisa jadi camilan enak tetapi juga sehat, dan jadi cara mudah buat kamu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Yuk, saatnya pintar memilih cemilan untuk kesehatan kamu!

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas