Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Alergi Susu Sapi

Manfaat Probiotik Ini Bikin Bunda Tercengang! Salah Satunya Cegah Munculnya Gejala Alergi Anak

manfaat probiotik sangatlah beragam mulai dari mencegah munculnya gejala alergi pada anak hingga menjaga kesehatan pencernaan.

BizzInsight
Manfaat Probiotik Ini Bikin Bunda Tercengang! Salah Satunya Cegah Munculnya Gejala Alergi Anak
Shutterstock
Manfaat probiotik yang ternyata ampuh cegah munculnya gejala alergi pada anak. 

TRIBUNNEWS.COM – Siapa sih yang tidak tahu manfaat probiotik? Bagi para Bunda probiotik sudah jadi asupan penting yang membuat Si Kecil terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

Tapi tahukah Bunda, jika probiotik ternyata bisa mencegah alergi pada anak lho! Sebelum lebih jauh, pertama-tama tahukah Bunda apa probiotik itu sebenarnya?

Probiotik, menurut Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, adalah bakteri baik yang ditambahkan dari luar, bisa juga ditambahkan ke dalam susu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, terutama pada anak-anak.

Melansir dari Healthline, manfaat probiotik, seperti yang sudah Bunda ketahui, menjaga kesehatan usus sekaligus mencegah pertumbuhan organisme berbahaya, memperkuat pertahanan saluran cerna, dan memulihkan bakteri baik setelah mendapatkan gangguan dari penyakit atau obat-obatan seperti antibiotik.

Probiotik bermanfaat bagi anak alergi?

dr. Muliaman menjelaskan selain menjaga kesehatan pencernaan, probiotik ternyata bisa mencegah munculnya gejala alergi pada anak.

"Tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, probiotik juga mampu mencegah infeksi dan menjaga kesehatan anak lainnya seperti tumbuh kembang anak, termasuk pencegahan pada kasus-kasus alergi," ujar dr. Muliaman.

Kasus alergi tersebut di antaranya dermatitis atopik, rhinitis alergi, atau alergi susu sapi.

Tapi Bunda perlu ingat! Tak semua probiotik ‘ampuh’ menurunkan gejala alergi pada anak. Dalam jurnal Bifidobacteria in Foods: Health Effects terungkap jika probiotik bifidobacterium yang ada di dalam pencernaan melindungi dari infeksi, alergi, obesitas, dan sembelit.

Rasa gatal, salah satu gejala alergi pada anak. (Shutterstock)
Rasa gatal, salah satu gejala alergi pada anak. (Shutterstock) (Shutterstock)

Bakteri baik ini juga lebih dominan dalam saluran cerna, mempunyai kemampuan bertahan hidup dan proteksi terhadap infeksi yang lebih luas sehingga mengurangi munculnya gejala alergi pada Si Kecil.

Manfaat probiotik bifidobacterium

Agar dapat mencegah munculnya alergi kembali, dilansir dari WebMD manfaat probiotik bifidobacterium membantu mencerna makanan, menyerap nutrisi, dan melawan organisme ‘tidak ramah’ yang berdampak pada kelancaran pencernaan menyerap nutrisi sehingga membuat imunitas Si Kecil jadi lebih baik.

"Probiotik juga berperan dengan cara meregulasi dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terlalu bereaksi terhadap alergen," tambah dr. Muliaman.

Disamping itu dr. Muliaman mengungkapkan bahwa bifidobacterium juga mempunyai kemampuan bertahan hidup yang luar biasa sampai usus yang paling bawah sehingga dapat memberikan proteksi lebih terhadap infeksi.

Ada beberapa kasus yang Bunda harus juga bisa mengenal antara gangguan saluran cerna dengan infeksi, alergi susu sapi dan intoleransi laktosa, yang mungkin mempunyai gejala yang sama yaitu diare, dr. Muliaman menyarankan Bunda untuk konsultasi dengan dokter kalau tidak bisa membedakannya, dan untuk susu pertumbuhannya Bunda bisa memberikan protein alternatif seperti isolat soya dengan bebas laktosa seperti susu formula pertumbuhan Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Zigma Triple Bifidus.

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Zigma Triple Bifidus

Susu pertumbuhan ini cocok bagi Si Kecil yang alergi susu sapi dan juga intoleransi laktosa dan gangguan saluran cerna. Susu ini juga bisa jadi pilihan tepat buat Bunda untuk mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, terutama mereka yang berusia 1-3 tahun.

Dalam susu soya ini terkandung 100% isolat protein kedelai yang kaya dengan asam amino L-Metionin, Sistein, Taurin, Karnitin, dan lainnya.

Namun yang terpenting dalam Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Zigma Triple Bifidus terkandung Triple Bifidus yang terdiri dari tiga bakteri baik: Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63.

Ketiga probiotik Bifidobakterium ini berfungsi optimal ketika di kombinasi dengan prebiotik FOS menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, dan yang terpenting mampu mencegah munculnya gejala alergi dan gangguan saluran cerna lain Si Kecil.

Makin lengkap karena Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Zigma Triple Bifidus memiliki nutrisi tambahan lain, seperti 14 Vitamin dan 9 Mineral; serta Fosfolipid, Kolin, DHA, AA, omega 3, omega 6 dan zat besi yang bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil.

Agar Si Kecil selalu bersemangat dan menyukai minum susu pertumbuhannya, susu Morinaga soya formula pertumbuhan ini hadir dalam dua varian, yakni rasa madu dan vanilla. Yang menjadi pilihan bagi si kecil alergi protein susu sapi, intoleransi laktosa dan gangguan saluran cerna lain.

Jadi Bunda ingat mulai sekarang! Agar anak mendapatkan manfaat probiotik yang maksimal, pilihlah probiotik bifidobacterium yang terbukti ampuh cegah munculnya gejala alergi, hingga anak pun kini bisa ceria dan beraktifiatas kembali.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas