Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bye Bye Kolesterol

Cegah Kolesterol Tinggi saat Lebaran, 5 Asupan Ini Harus Ada di Meja Makan!

5 asupan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan wajib ada di meja makanmu saat hari raya Lebaran nanti.

BizzInsight
Cegah Kolesterol Tinggi saat Lebaran, 5 Asupan Ini Harus Ada di Meja Makan!
Shutterstock
Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi saat makan Lebaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada momen makan besar saat Lebaran, rasanya tak afdal jika melewatkan sajian rendang, opor ayam, gulai, dan menu lezat lainnya. Namun, kamu harus bijak mengonsumsinya, sebab menu khas Lebaran dapat memicu kolesterol tinggi.

Mengutip Klikdokter, makanan bersantan dan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika abai, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti jantung koroner dan stroke.

Namun, jangan khawatir! Kamu masih bisa mengonsumsi menu khas Lebaran asal porsinya tidak berlebihan.

Agar tidak mengalami serangan kolesterol, kamu perlu tahu cara mengatasi kolesterol tinggi. Salah satunya adalah mengimbangi asupan menu khas Lebaran dengan makanan rendah lemak dan asupan lain yang dapat mengontrol kadar kolesterol.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 asupan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan wajib ada di meja makanmu saat hari raya!

Kacangan-kacangan

Melansir Peanut Institute, profesor Ilmu Gizi dari Universitas Purdue Indiana Amerika, Richard Mattes mengatakan, kacang-kacangan adalah makanan rendah lemak yang bermanfaat signifikan bagi penurunan kadar kolesterol.

Hasil penelitian lain menyebutkan kacangan-kacangan, khususnya kacang tanah, dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi jika dikonsumsi setiap hari.

Sedangkan, melansir hasil penelitian WebMD, segenggam kacang almond juga terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga 4.4 persen dalam 3 bulan.

Selain kacang tanah dan almond, varian lain yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah kenari dan walnut.

Oatmeal

Ilustrasi gandum. Gandum tinggi serat larut yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.
Ilustrasi gandum. Gandum tinggi serat larut yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Oatmeal adalah makanan rendah lemak sekaligus pengganti karbohidrat yang baik bagi pengidap kolesterol. Menurut Harvard Medical School, oatmeal terbukti paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 6,5 poin.

Oatmeal sendiri dikenal sebagai makanan tinggi serat larut. Serat larut membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam darah.

Melansir MayoClinic, semangkuk sereal oatmeal mengandung 5 gram serat. Sebagai informasi, 5-10 gram serat larut dapat mengurangi kadar kolesterol sebanyak 5 hingga 11 poin.

Tak hanya sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi, serat larut dalam oatmeal juga dapat melancarkan pencernaan.

Sayur-sayuran

Cara mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan memperbanyak asupan sayuran. Jadikan sayuran sebagai menu utama saat makan besar untuk menyeimbangi kolesterol tinggi yang terkandung dalam menu khas Lebaran.

Beberapa penelitian menyebutkan, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi memiliki kemampuan mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Efek positifnya, kadar kolesterol darah akan menurun.

Beberapa sayuran yang tinggi serat larut, seperti kembang kol, kubis brussel, wortel, dan kentang juga bisa menjadi pilihan.

Ikan salmon dan tuna

Ikan salmon untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.
Ikan salmon untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Untuk mencegah kenaikan kolesterol, kamu disarankan mengonsumsi makanan rendah lemak. Sedangkan, makanan khas Lebaran, seperti rendang, gulai, dan opor ayam, kebanyakan mengandung lemak tinggi.

Melansir MayoClinic, lemak trans dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, sedangkan lemak jenuh dapat menaikkan kolesterol total.

Namun, lemak sehat omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol. Melansir Klikdokter, asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan tuna dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Meski aman untuk mengontrol kolesterol, penderita kolesterol tinggi perlu memperhatikan proses pengolahannya. Klikdokter menyarankan, hindari mengolah ikan salmon dan tuna  dengan cara digoreng karena 50% kandungan omega-3 dapat hilang.

Plant stanol ester

Asupan plant stanol ester (PSE) mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun, PSE adalah salah satu asupan penting yang harus dikonsumsi seusai makan besar Lebaran untuk menurunkan kolesterol.

Plant stanol ester merupakan jenis dari fitosterol, senyawa yang terkandung dalam buah-buahan, sayuran, minyak nabati, sari susu kedelai, dan gandum.

Plant stanol ester merupakan senyawa penting untuk membantu mengurangi kolesterol, karena strukturnya yang mirip dengan kolesterol sehingga mampu mengecoh tubuh dengan kemiripan keduanya.

Kamu bisa mendapatkan kandungan Plant Stanol Ester pada Nutrive Benecol. Nutrive Benecol merupakan smoothies rasa buah dengan varian rasa Blackcurrant, Lychee, Strawberry, dan Orange sebagai cara enak untuk turunkan kolesterol.

Nutrive Benecol cara menurunkan kolesterol tinggi

Setelah mengonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi pada menu Lebaran, jumlah kolesterol yang terserap ke dalam darah pun jadi berkurang. Plant stanol ester juga teruji menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 7-10 persen jika di konsumsi 2-3 minggu 2x sehari langsung setelah makan.

Tidak hanya baik untuk penderita kolesterol, Nutrive Benecol juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Rayakan momen Lebaran bebas kolesterol tinggi, siapa takut? Minum Nutrive Benecol aja abis makan enak!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas