Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Cuaca Panas Menyengat, Lakukan 5 Tips Simpel Ini Agar Tetap Lancar Beraktivitas!

Cuaca panas yang begitu menyengat bisa memengaruhi imun tubuh dan bahkan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, lho!

BizzInsight
zoom-in Cuaca Panas Menyengat, Lakukan 5 Tips Simpel Ini Agar Tetap Lancar Beraktivitas!
Shutterstock
Jangan sampai kamu membiarkan cuaca panas menyengat menghambat aktivitasmu! 

TRIBUNNEWS.COM - Apa kamu merasa bahwa cuaca akhir-akhir ini makin panas? Tak heran, soalnya menurut pakar BRIN, kondisi ini disebabkan oleh fenomena Hot Spells yang terjadi akibat kenaikan suhu global. Tercatat, kondisi suhu tertinggi di Indonesia bahkan mencapai 37,2 Celsius!

Bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat, tentu kondisi ini rentan memicu berbagai masalah. Tak hanya membuat aktivitas menjadi terganggu, cuaca panas yang begitu menyengat bisa memengaruhi imun tubuh dan bahkan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, cuaca panas dapat menyebabkan sakit kepala, sensasi kulit terbakar, jantung berdebar, dehidrasi, pusing, dan kelelahan.

Terpapar suhu panas dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat suhu tubuh meningkat, sehingga tubuh mengeluarkan keringat yang cukup banyak sebagai cara untuk mendinginkan diri secara alami.  Akibatnya, kamu akan mudah lelah dan aktivitas sehari-hari pun jadi terhambat, 

Namun, jangan sampai kamu membiarkan cuaca panas menyengat menghambat aktivitasmu! Agar kamu tetap lancar menjalankan kegiatan sehari-hari, coba lakukan lima hal simpel di bawah ini.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Pastikan kamu selalu terhidrasi dengan baik setiap harinya, karena cuaca panas terik dapat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan. Untuk merehidrasi tubuh, kamu perlu mengonsumsi minuman yang menyegarkan dan tinggi kadar airnya, seperti air kelapa. 

BERITA TERKAIT

Oh ya, sebaiknya batasi juga konsumsi minuman berkafein dan tinggi gula seperti kopi dan teh di tengah cuaca panas. Pasalnya, minuman jenis ini memiliki sifat diuretik, alias dapat memicu untuk buang air kecil dan menghilangkan cairan dalam tubuh. 

2. Hindari sinar matahari langsung

Sebisa mungkin, hindari beraktivitas di luar ruangan saat panas matahari sedang terik. Selain meningkatkan suhu tubuh, paparan panas yang menyengat ternyata juga dapat memengaruhi mental kita, lho! 

Melansir Everydayhealth.com, American Psychiatric Association menyebut bahwa cuaca panas dapat menyebabkan seseorang menjadi gusar, memengaruhi ingatan, fokus, dan bahkan mood. Hal inilah yang membuat aktivitas dan pekerjaanmu menjadi terhambat dan tidak optimal. 

Jika memang diharuskan beraktivitas outdoor, kamu bisa menyiasatinya dengan berteduh sejenak di tempat sejuk saat sedang lelah atau tersengat panas. Pastikan juga kamu tidak terlalu lama terpapar panas matahari berlebih, ya! 

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Tubuh manusia secara alami akan menyesuaikan suhu sekitar. Maka itu, kamu perlu memilih pakaian yang tepat dan nyaman saat cuaca sedang panas-panasnya. 

Menurut penelitian, penting bagi tubuh untuk mencapai keamanan termal saat berada di kondisi cuaca tertentu. Jadi, pilihlah pakaian yang tepat agar kamu tetap merasa nyaman di tengah cuaca panas menyengat.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memilih pakaian; pastikan pakaian tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable), warna yang dapat memantulkan panas matahari atau warna cerah, serta terbuat dari bahan yang ringan, tidak menyerap panas, dan cepat kering saat menyerap keringat. 

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Cuaca panas biasanya membuatmu ingin mengonsumsi yang segar-segar. Untuk membuatmu tetap berenergi, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran. 

Disarankan untuk memilih buah dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, jeruk, strawberry, dan kelapa. Sedangkan untuk jenis sayuran, tomat bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Jenis buah dan sayur di atas memiliki kadar air yang mencapai 90 persen. Selain itu, buah-buahan dan sayuran tersebut juga tinggi vitamin C, yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh di kala cuaca panas

5. Aplikasikan sunscreen

Paparan panas berlebih juga memiliki efek yang buruk terhadap kesehatan kulit. Maka itu, menggunakan tabir surya atau sunscreen menjadi hal yang wajib kamu lakukan. 

Tabir surya dapat melindungi kulitmu dari bahaya sinar Ultra Violet (UV), yang menyebabkan kulit terbakar dan bahkan menimbulkan gejala penyakit kulit lainnya. 

Tipsnya, pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan selalu aplikasikan kembali setiap 2 jam sekali (atau lebih) jika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan. 

Selalu jaga imun dengan rehidrasi

Perlu kamu ketahui, cuaca panas utamanya dapat membuat tubuh merasakan dehidrasi akibat kebutuhan cairan yang tidak tercukupi. 

Ketika hal tersebut terjadi, tubuh tidak dapat berfungsi dengan maksimal karena imun yang terganggu. Maka itu, pastikan untuk selalu melakukan rehidrasi tubuh meski di tengah aktivitas yang padat ya!

Tak perlu repot, ada cara praktis dan sehat untuk melakukan rehidrasi tubuh, yaitu dengan mengonsumsi Hydro Coco yang bisa dibawa kemana saja dan kapan saja! Minuman ini tak hanya bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh, namun juga menghadirkan berbagai kebaikan lainnya dari air kelapa asli kaya nutrisi. 

mengonsumsi Hydro Coco

Satu kemasan Hydro Coco mengandung elektrolit alami, vitamin A, C, dan E, serta kandungan vitamin B3 yang efektif mengganti cairan tubuh yang hilang akibat cuaca panas

Dengan berbagai manfaatnya, Hydro Coco juga cocok untuk kamu si super sibuk yang perlu JAIM atau Jaga Imun! 

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, JAIM jadi bagian yang enggak bisa kamu pisahkan, karena kegiatan padat sering kali membuat dirimu kelelahan dan stres. Terlebih, di musim panas ini, tubuh makin rentan dengan berbagai penyakit. 

Namun, enggak perlu lagi khawatir dengan cuaca panas menyengat, yuk JAIM secara lebih praktis dengan mengonsumsi Hydro Coco!

Penulis: M Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas