Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Usia 30-an Sering Pegal dan Mudah Lelah? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kebugaran dan stamina tubuh saat menjalani usia 30-an.

zoom-in Usia 30-an Sering Pegal dan Mudah Lelah? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!
Shutterstock
Memasuki usia 30-an, badan cenderung mudah lelah dan sering terasa pegal. 

TRIBUNNEWS.COM - Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mengalami banyak perubahan fisik. Umumnya, perubahan yang paling dapat dirasakan adalah mulai menurunnya sistem kekebalan tubuh dan massa dan kekuatan otot serta  tulang.

Melansir dari artikel Klikdokter, ketika memasuki usia 30-an, massa otot orang dewasa akan menurun 1 persen setiap tahunnya. Tak jarang orang dewasa sering merasa pegal-pegal dan mudah lelah, sehingga otot dan tulang pun kerap terasa kaku.

Proses penuaan pastinya tidak bisa dihindari karena akan terjadi oleh siapa pun. Namun, Anda dapat memperlambat prosesnya dengan menghindari beberapa penyebabnya.

Melansir dari laman Better Health, faktor gaya hidup menjadi penyebab umum badan mudah pegal-pegal dan lelah ataupun nyeri sendi. 

Adapun gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah jam tidur yang tidak teratur. Kemudian, rutin mengonsumsi alkohol dan kafein juga dapat merangsang sistem saraf sehingga menyebabkan insomnia

Selain itu, terlalu banyak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan juga bisa membuat otot menjadi nyeri dan kaku. Hal lain yang sering diabaikan namun sebenarnya cukup penting adalah asupan nutrisi yang kurang terpenuhi.

Lawan badan pegal dan kelelahan di usia 30-an

BERITA TERKAIT

Mengutip laman National Health Service, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kebugaran dan stamina tubuh saat menjalani usia 30-an, di antaranya:

1. Atur waktu tidur yang berkualitas

Tidur yang berkualitas dapat membantu untuk mengistirahatkan tubuh dengan lebih baik, sehingga badan pun tidak mudah lelah saat berkegiatan.

Agar momen beristirahat lebih berkualitas dan bermanfaat, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Anda bisa mencoba untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kemudian, hindari tidur siang, serta luangkan waktu untuk bersantai sebelum bergegas tidur.

2. Lakukan olahraga ringan

Olahraga seringkali diabaikan ketika seseorang sudah lelah bekerja seharian. Padahal, olahraga yang teratur dapat membantu memperkuat tulang, menjaga fungsi otot, menghindari pegal-pegal, serta baik untuk kesehatan jantung. 

Jika tidak terbiasa berolahraga berat, Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15 menit, bersepeda, ataupun jalan cepat. 

Ketika Anda sudah mulai terbiasa menjalaninya, maka tubuh pun akan terasa lebih sehat dan terjaga kebugarannya, sehingga Anda tidak mudah merasa pegal dan lelah saat menjalankan aktivitas.

3. Perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda juga perlu mengubah kebiasaan makan dan minum sehari-hari. Penting untuk menyantap makanan bergizi dengan nutrisi seimbang dan juga minuman yang dapat mendukung kinerja tubuh lebih optimal, terlebih di usia yang mulai memasuki proses penuaan.

Perbanyaklah mengonsumsi air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi juga terasa lebih segar.  Dilansir dari Klikdokter, jenis makanan yang dapat membantu mengatasi rasa lelah adalah yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau, sereal, daging, kacang polong, hati, dan biji-bijian. 

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung dianjurkan untuk mengonsumsi daging/ayam rendah lemak, bayam, kacang walnut, minyak zaitun, serta susu dan produk olahannya

Selain mengonsumsi berbagai makanan dan minuman di atas, Anda juga dapat  melengkapi pemenuhan kebutuhan nutrisi harian dengan Entrasol Gold.

Susu tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun ini hadir untuk membantu Anda dalam melengkapi nutrisi harian agar tubuh selalu aktif dan produktif sepanjang hari.

entraosl gold susu untuk orang dewasa

Diperkaya dengan kalsium & vitamin D, Entrasol Gold bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Tak hanya itu, susu ini juga dapat membantu menjaga massa otot dan meningkatkan imunitas tubuh, karena tinggi akan protein dan juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Pelengkap nutrisi harian yang satu ini juga dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun yang mengandung zat aktif hydroxytyrosol. Dikenal sebagai antioksidan alami, kandungan ekstrak buah zaitun dalam Entrasol Gold bermanfaat menangkal radikal bebas di mana kekuatannya lebih besar 4 kali lipat dibandingkan vitamin C. 

Manfaat lain dari ekstrak buah zaitun yang terkandung dalam susu dewasa ini yaitu menjaga kesehatan jantung, membantu memperlambat proses penuaan dini, dan dapat mencegah terjadinya oksidasi LDL kolesterol.

Yuk, konsumsi Entrasol Gold untuk jaga kesehatan tulang, otot, dan jantung agar tidak mudah lelah selagi beraktivitas!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas