Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Polusi Udara Makin Parah, Ini Tips Buat Jaga Diri

Agar kamu terhindar dari dampak-dampak polusi udara yang menyerang kesehatan, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk jaga imun.

BizzInsight
zoom-in Polusi Udara Makin Parah, Ini Tips Buat Jaga Diri
Shutterstock
Paparan polusi udara yang kian memburuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena tubuh yang kurang fit dan lebih rentan terhadap penyakit. 

TRIBUNNEWS.COM - Polusi udara yang makin parah telah menjadi masalah serius. Pasalnya, buruknya polusi udara di Indonesia akhir-akhir ini juga dapat berdampak terhadap kesehatan tubuh, terutama bagi kamu yang sibuk bekerja dan menjalankan aktivitas sehari-hari di luar rumah.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2021 menyebutkan bahwa polusi udara adalah salah satu ancaman kesehatan lingkungan utama, yang berkontribusi pada peningkatan angka penyakit dan kematian pada banyak orang.

Kaitan polusi udara dengan risiko penyakit tidak terlepas dari melemahnya sistem imun tubuh. Akibatnya, kemampuan tubuh kita dalam melawan penyakit dan virus pun dapat terganggu. 




Maka itu, paparan polusi yang kian memburuk ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari-harimu karena tubuh yang kurang fit dan lebih rentan terhadap penyakit. 

Polusi udara melanda, waspadai berbagai jenis penyakit 

Di saat imun tubuh melemah akibat polusi udara, kamu mungkin akan merasa lebih mudah lelah selagi menjalankan rutinitas sehari-hari. 

Selain itu, kamu pun perlu selalu waspada akan risiko berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang, baik yang dapat terjadi dalam waktu singkat ataupun jangka panjang. 

BERITA TERKAIT

Salah satu yang paling umum adalah demam dan flu. Melansir IQAir, berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan polusi udara bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit flu. 

Baca juga: 7 Manfaat Air Kelapa bagi Tubuh: Kontrol Gula Darah hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa jenis polutan seperti asap knalpot, oksida nitrat, dan ozon disebut sebagai zat penyebab polusi udara yang meningkatkan kasus demam dan flu, terutama di saat imun tubuh kita melemah.

Mengutip Klikdokter, polutan juga dapat mengaktifkan protein reseptor (TRPA1) yang terletak pada permukaan ujung saraf di paru-paru. Nantinya, TRPA1 ini akan beralih ke saraf sensorik pada tubuh kita, sehingga memicu tubuh untuk mengalami batuk-batuk.

Mengingat tingginya tingkat polusi udara saat ini, partikel polutan yang masuk ke dalam saluran pernapasan secara jangka panjang juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut. 

Dilansir dari Klikdokter, gejala infeksi saluran pernapasan ini dapat bervariasi dan meliputi pilek atau hidung tersumbat, sakit tenggorokan, pegal-pegal pada tubuh, hingga meriang.

Selain itu, ada beberapa penyakit lain yang juga bisa menyerang apabila tubuh terus menerus terpapar polusi udara dalam jangka panjang, seperti asma, bronkitis, dan paru-paru basah. 

Cara efektif untuk selalu jaga imun

Agar kamu terhindar dari dampak-dampak polusi udara yang menyerang kesehatan seperti di atas, tentunya penting bagi kamu untuk selalu jaga imun

Untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, hindari area dengan paparan polusi berat seperti berada di luar ruangan saat bekerja atau daerah pabrik dan pusat industri. Lalu, kamu juga perlu berolahraga secara teratur sehingga dapat menangkal efek negatif dari polusi udara

Yang tidak kalah penting, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk jaga imun. Soalnya, sistem imun dan organ tubuh dapat berfungsi secara optimal di saat tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, kamu pun akan bisa tetap beraktivitas dengan lancar. 

Baca juga: Polusi Udara Bahayakan Tubuh saat Bekerja, Apa Solusinya?

Minuman dari air kelapa asli yang kaya nutrisi, Hydro Coco, bisa jadi cara praktis dan sehat untuk merehidrasi tubuh dan jaga imun meski di tengah paparan polusi udara yang kian memburuk, kapan pun dan di mana pun!

Satu kemasan Hydro Coco mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga imun tubuh, seperti vitamin A, C, B3, B5, dan B6, kalsium, dan magnesium, serta tinggi serat dan rendah kalori. 

Terbuat dari air kelapa asli, minuman dari KALBE Nutritionals ini tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan, sehingga aman dikonsumsi setiap hari sebagai andalan untuk JAIM atau Jaga Imun. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengonsumsi Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Dengan kemasan yang praktis, Hydro Coco bermanfaat sebagai rehidrasi tubuh alami, menjaga untuk tetap fokus, serta menyegarkan dan memperbaiki mood setiap saat. 

Jangan sampai kamu kalah sama bahaya polusi udara, yuk selalu siap sedia Hydro Coco agar tetap sehat dan lancar beraktivitas setiap harinya!

Penulis: M Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas