Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dukung Pencegahan Covid-19, Kementerian ATR/BPN Bentuk Gugus Tugas

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Pemantauan Persebaran COVID-19 di Lingkung

Dukung Pencegahan Covid-19, Kementerian ATR/BPN Bentuk Gugus Tugas
Kementerian ATR/BPN
Kementerian ATR/BPN membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Pemantauan Persebaran COVID-19 di Lingkungan Kementerian ATR/BPN, sesuai Surat Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 272/SK-100.TU.02.01/IV/2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah hampir lima ribu kasus positif Corona terdeteksi di seluruh wilayah Republik Indonesia. Semakin merajalelanya virus ini, membuat Presiden Joko Widodo membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Namun, tugas penanganan penyebaran virus COVID-19 bukan tugas Gugus Tugas bentukan Presiden semata, melainkan tugas seluruh komponen bangsa Indonesia.

Berangkat dari hal itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Pemantauan Persebaran COVID-19 di Lingkungan Kementerian ATR/BPN, sesuai Surat Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 272/SK-100.TU.02.01/IV/2020.

Baca: Kementerian ATR/BPN Gencarkan Layanan Pengaduan di Medsos lewat #TanyaATRBPN

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto mengemukakan bahwa latar belakang dibentuknya tim gugus tugas ini yakni wabah virus COVID-19 yang penyebarannya sangat cepat dalam kurun waktu sebulan terakhir.

"Kami melihat bahwa penyebaran virus COVID-19 ini cenderung meningkat dari waktu ke waktu lalu menimbulkan korban jiwa serta mengakibatkan kerugian material yang berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat," kata Himawan, sejalan dengan bunyi dalam surat keputusan tersebut.

Lebih lanjut, Sekjen mengungkapkan tim ini nantinya disebut Gugus Tugas COVID-19 ATR/BPN. "Tugas utamanya melakukan pemantauan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Selain itu, masa bertugas Tim Gugus Tugas ini adalah sampai dengan berakhirnya masa tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di tingkat nasional," kata Sekretaris Jenderal.

Baca: Kementerian ATR/BPN: Layanan Pertanahan Tetap Jalan Secara Elektronik

Himawan juga meminta tiap-tiap  Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten/Kota serta Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) agar segera membentuk tim gugus tugas serupa.

"Tim Gugus Tugas COVID-19 di lingkungan Kanwil dan Kantah nantinya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 ATR/BPN maupun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing," sambugn Himawan.

Kepala Biro Umum dan Unit Layanan Pengadaan sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19, Nurhadi Putra mengatakan bahwa gugus tugas ini terbentuk pada tanggal 3 April 2020. Tim yang ia pimpin ini akan mulai efektif bekerja pada minggu ini.

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 ATR/BPN.
Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 ATR/BPN.

Nurhadi berkata timnya akan bersinergi dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Penyebaran COVID-19 tingkat nasional.

Baca: Respons Physical Distancing, Surat ke Kementerian ATR/BPN Dapat Dikirim Online

"Selain itu, kami akan melakukan koordinasi serta berkonsultasi dengan Gugus Tugas Nasional termasuk berbagi informasi dalam membantu pencegahan penyebaran COVID-19 ini agar terukur dan sesuai standar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di tingkat nasional," ujar Nurhadi.

Menutup keterangannya, Ketua Tim Gugus COVID-19 ATR/BPN berharap bahwa Tim Gugus Tugas ini dapat memberi kontribusi yang nyata dan positif membantu dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Dengan adanya gugus tugas ini dapat memberikan langkah-langkah terbaik, terukur dan memang inilah yang dibutuhkan oleh negeri ini. Saya juga meminta kepada setiap anggota gugus tugas ini dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan ikhlas, karena ini merupakan tugas yang mulia, tugas kemanusiaan. Semoga yang sudah kita upayakan diridai oleh Tuhan," pesan Nurhadi. (*)

Temukan berita terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan Kementerian ATR/BPN dengan klik link ini.

Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas