Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Stres di Perjalanan Mudik Memicu Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan dominan yang dikeluhkan para pemudik Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Stres di Perjalanan Mudik Memicu Hipertensi
iST
Hipertensi 

TRIBUNNEWS.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan dominan yang dikeluhkan para pemudik Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Hingga saat ini yang paling banyak memang hipertensi yang dipengaruhi oleh keadaan diperjalanan yang memicu stres," kata Kepala Posko Kesehatan Terminal Bus Kampung Rambutan dr.Novandi seperti dilansir Sehatnews.com.

Novandi menyebutkan terdapat sembilan pemudik yang mengeluhkan hipertensi dari jumlah keseluruhan pasien sejak H-1 Sabtu (18/8) hingga H+4 Kamis, yakni 23 pasien.

Dia menyebutkan sebagian besar pasien merupakan pria yang berusia lebih dari 50 tahun.

"Sebetulnya penyakit hipertensi tersebut merupakan penyakit yang umumnya sudah lama diderita, namun karena kondisi perjalanan yang tidak stabil, panas dan berdesak-desakan, maka penyakit tersebut kambuh," katanya.

Novandi mengatakan gejala hipertensi tersebut umumnya pusing. "Mereka biasanya mengeluhkan pusing, tapi ketika diperiksa tensi darahnya naik hingga lebih dari 140/80 mmHg," katanya.

Selain dari kondisi perjalanan, Novandi juga menilai kambuhnya penyakit hipertensi tersebut disebabkan karena makanan.

BERITA TERKAIT

"Jika makanannya salah, terutama hidangan Lebaran ini yang kebanyakan mengandung kolesterol bisa jadi menyebabkan hipertensinya kambuh," katanya.

Sumber: Sehat News
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas