Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Program KB Nggak Sukses Kalau Bupatinya dari Parpol

Jangan berharap program Keluarga Berencana (KB) di daerah-daerah bakal sukses, sepanjang bupatinya dari parpol!

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Program KB Nggak Sukses Kalau Bupatinya dari Parpol
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Usahakan cukup dua anak saja, jangan lebih. Semata demi kecukupan kasih sayang dan tak menguras banyak biaya untuk membesarkan anak-anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Pantas saja terjadi ledakan populasi penduduk di seluruh Indonesia. Sebab, program Keluarga Berencana (KB) sering dianggap tak penting oleh para kepala daerah dari kalangan parpol!

Sebaliknya, pejabat bupati atau walikota yang mengawali karir pemerintahan sejak awal, misalnya dari Kepala Desa, Lurah sampai akhirnya menjadi bupati atau walikota cenderung berkomitmen meneruskan program KB.

Kepala daerah dari parpol biasanya jarang yang mau meneruskan proyek KB karena dianggap tidak memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kalau pembangunan fisik, seperti gedung  atau jalan akan bisa nampak terlihat langsung, sementara program KB merupakan  program SDM yang akan dirasakan 10 sampai 15 th tahun mendatang," tutur Hardianto, Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN di Bekasi, Rabu (28/11/2012).

Dikatakan, seiring sentralisasi di daerah, maka PNS yang berprofesi sebagai penyuluh KB diberikan tugas baru di luar itu. Akibatnya jumlah penyuluh menyusut.

"Untuk itulah BKKBN mengajak instansi terkait, mitra kerja bekerjasama dan sampai sekarang telah ada 66 mitra kerja. Saat ini jumlah penyuluh  KB yang berasal di BKKBN tinggal sekitar 22 ribu, sementara jumlah desa atau lurah 48 ribu lebih. Padahal idealnya satu desa satu penyuluh ," paparnya.

BERITA REKOMENDASI

Klik TRIBUN JAKARTA Digital Newspaper
(Berita, artikel dan foto-fotonya dijamin WOW!)


Baca Artikel Menarik Lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas