Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pria Kurang Olahraga Spermanya Sedikit Banget

Riset membuktikan: Pria yang kurang olahraga volume spermanya sangat sedikit.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Pria Kurang Olahraga Spermanya Sedikit Banget
Istimewa
Kurang olahraga bikin sperma pria sedikit banget. 

TRIBUNNEWS.COM
Pria yang kurang aktif cenderung mengalami penurunan jumlah sperma. Demikian hasil penelitian Harvard University, terbit dalam British Journal of Sports Medicine, seperti yang TRIBUNnews.com kutip dari Medical Daily.

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 189 mahasiswa sebuah universitas di New York diminta untuk mencatat segala aktivitas keseharian mereka, semisal seberapa sering menonton televisi dan berolahraga. Didapatlah dua kategori, pria yang aktif dan non aktif.

Lalu para peneliti meneliti dan membandingkan sampel sperma para pria yang aktif dan non aktif itu. Penelitian menunjukan pria yang aktif dan berolahraga selama 15 jam dalam seminggu memiliki jumlah sperma lebih banyak 73 persen dibanding mereka yang kurang aktif.

Sedangkan pria yang banyak menghabiskan waktunya sekitar 20 jam per minggu hanya untuk duduk berleha-leha di depan tv memiliki jumlah sperma 44 persen lebih sedikit dibanding mereka yang lebih aktif.

Tidak dijelaskan bilamana sperma mereka subur atau tidak.  Namun, perilaku aktif atau non-aktif tidak memengaruhi seberapa cepat sperma berenang atau bagaimana bentuknya, dua hal yang bisa menjadi indikasi kesuburan seorang pria.

Tidak dijabarkan pula alasan dan kualitas sperma berdasarkan olahraga yang dilakukan. Tetapi, kemungkinan gejala ini ada hubungannya dengan pengaruh temperatur terhadap produksi sperma: udara yang dingin, didapat saat beraktivitas, memungkinkan sperma berproduksi secara optimal. Sementara duduk terlalu lama dapat meningkatkan tempratur yang ujungnya memberi efek negatif pada produksi sperma.

Baca Artikel Menarik Sebelumnya

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas