Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Anak Nggak Doyan Makan Sayur? Begini Menyiasatinya

Kalau si buah hati nggak doyan makan sayur, begini cara menyiasati agar dia mengasup sayuran.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Anak Nggak Doyan Makan Sayur? Begini Menyiasatinya
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Umumnya anak balita susah makan sayur maupun minum susu sehingga menyebabkan berat badannya kurang.

Seperti pengalaman Ny Hanny, buah hatinya  yang berusia 3,5 tahun mempunyai berat 11,5 kilogram. Nah, bagaimana agar anak suka makan sayur.

Ahli gizi Edith Sumedi SKM menyatakan, untuk meningkatkan berat badan anak bisa dilakukan dengan mencari apa yang disukai anak, apakah suka makanan yang lembek atau yang keras.

"Berat badannya dikejar dulu, sukanya apa, karena ada yang lembek atau keras. Ada yang suka bentuknya seperti bubur atau ada yang keras seperti makan kerupuk," katanya saat talkshow Kebutuhan Asupan Gizi Anak Setiap Hari di fX Senayan Jakarta, Minggu (24/3/2013).

Misalnya lembek, sayur bayam dicincang lalu dicampur telur lalu dimasak. Ini akan membuat anak tidak merasa mengonsumsi sayuran bayam. Anak juga harus banyak diberikan konsumsi jus.

"Untuk mengembalikan berat badan perlu tambahan makanan berlemak. Seperti konsumsi  kentang dicampur sayuran dan dibuat berkedel," katanya.

Kalau anak suka keras bisa dibuat keripik dari bayam tapi  memang tidak sampai 100 gram beratnya tapi  tetap disukai anak-anak. (Eko Sutriyanto)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas