Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cara Cerdas Mengonsumsi Lemak

Banyak tentang mengonsumsi makan dengan cerdas. Berikut adalah salah satu tip yang diberikan oleh mereka terkait mengonsumsi lemak.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Cara Cerdas Mengonsumsi Lemak
net

TRIBUNNEWS.COM - LEMAK banyak dinilai sebagai biang berbagai penyakit. Namun, lemak juga diperlukan oleh tubuh. Nah, tergantung bagaimana kita menyiasati agar lemak yang kita kosumsi bisa terkontrol.

Dalam buku, Smart Eating, 1000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar, Dr. Samuel Oetoro, MS., Sp.GK, Erwin Parengkuan, dan Jana Parengkuan, memberi banyak tips tentang mengonsumsi makan dengan cerdas. Berikut adalah salah satu tip yang diberikan oleh mereka terkait mengonsumsi lemak.

1. Hindari konsumsi lemak jahat. Selain menambah kalori berlebih, yang bisa menyebabkan obesitas dan kenaikan berat badan, juga dapat meningkatkan faktor risiko sejumlah penyakit. Seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan osteoartritis.

2. Perbanyak konsumsi ikan. Komposisi konsumsi lemak sehat yang dianjurkan adalah 1:4. Artinya, satu porsi asam lemak omega-3 berbanding 4 porsi asam lemak omega-6. Kalau kesulitan mengukur perbandingan tersebut, ingat saja hal ini.

Perbanyak konsumsi asam lemak omega-3 dari ikan. Sementara untuk asam lemak omega-6 dapat diperoleh dari makanan alami.

3. Tambahkan minyak zaitun dalam makanan sehari-hari. Pilih minyak zaitun extravirgin karena minyak ini hanya mengalami satu kali pengolahan. Dengan begitu, zat warna buah yang terkandung di dalamnya tidak banyak terbuang. Juga masih mengandung zat antioksidan.

Minyak zaitun ini, hendaknya digunakan sebagai saus salad, dicampur pada jus buah, maupun diminum langsung. Buah, terutama yang mengandung zat warna karotenoid, memerlukan minyak agar dapat diserap dengan baik oleh usus.

BERITA TERKAIT
Sumber: Sehat News
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas