Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Biar Awet Muda Perlu 10 Porsi Buah, 10 Jenis dan 10 Warna

Ingin selalu terlihat awet muda tentunya dambaan semua orang. Tapi tidak banyak yang tahu

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Biar Awet Muda Perlu 10 Porsi Buah, 10 Jenis dan 10 Warna
IST
ilustrasi 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ingin selalu terlihat awet muda tentunya dambaan semua orang. Tapi tidak banyak yang tahu, agar awet muda perlu mengonsumsi buah dalam jumlah tertentu.

"Agar awet muda muda kuncinya konsumsi makan 10 porsi dengan variasi 10 macam 10 warna buah," tutuy Samuel Oetoro, pakar gizi kepada Tribunnews di sela-sela Aksi Semangat Indonesia Produktif di Silang Monas, Minggu (16/5/2013).

Samuel mengatakan, jumlah konsumsi yang jauh di atas angka ideal yang disarankan dengan cukup 5 porsi terdiri dari 5 macam 5 warna diperoleh dari penelitian.

Lantas gimana menentukan ukuran satu porsi? Buah ukuran sedang seperti apel dan pir, satu porsi sama dengan satu buah. Untuk buah kecil, seperti anggur dan kelengkeng, seporsi kira-kira 10 butir. Sedangkan buah besar, misalnya melon dan semangka, satu potong sudah terhitung satu porsi.

Dikatakan Samuel zat baik yang ada dalam buah yang dikonsumsi, juga sayuran akan makan dapat diolah tubuh untuk memperbaiki sel. "Konsumsi 10 jenis buah berbeda setiap harinya juga menghindarkan penyakit jantung, hipertensi dan kanker," katanya.  (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas