Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Parenting

44 Persen Jajanan Anak Sekolah Belum Penuhi Syarat Sehat

Jangan biarkan anak-anak terlalu bebas jajan di kantin sekolah. 40-44 persen di kantin sekolah belum memenuhi syarat sehat.

44 Persen Jajanan Anak Sekolah Belum Penuhi Syarat Sehat
Istimewa
Awasi dan pantau anak-anak sekolah dari jajanan tak sehat dan mengandung racun kimia mulai dari unsur penyedap, pewarna, pemanis dan pengawet berbahaya. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Lilis Setyorini

TRIBUNNEWS.COM - Sekolah bisa dijadikan rumah kedua bagi anak-anak. Sementara kantin bisa juga disamakan dengan dapur di rumah. Sekalipun membawa bekal, anak sesekali bahkan tetap sering jajan di kantin juga. Hingga kebersihan dan kualitas jajanan di kantin sekolah juga jadi perhatian orangtua.

Sayangnya hasil pengawasan terhadap Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, selama tahun 2006-2010, sekitar 40-44 persen jajanan anak sekolah belum memenuhi syarat. Salah satunya disebabkan kurang higienitas kantin.

"Kebersihan kantin sekolah berperan penting dalam menyediakan makanan dan minuman yang aman dan sehat untuk anak-anak. Jajanan sehat tidak hanya bergantung pada kandungan dalam jajanan saja, namun yang tak kalah pentingnya tingkat higienitas kantin dan sistem sanitasi kantin sekolah," ujar pakar kesehatan masyarakat yang aktif di Kementerian Kesehatan RI,Dr Nurrahmiati MKM dalam acara peluncuran kampanye "Kantin Higienis Sunlight" di Hotel Le Meridien, Kamis (20/6).

Menurut Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM Dr Roy A Sparringa M AppSc mengatakan kantin yang berkualitas sangat berhubungan dengan kualitas air, ventilasi, pengelolaan air limbah, tempat sampah, tempat cuci tangan, dan piring, tempat peyimpanan alat makan dan masak, lingkungan tempat cuci peralatan makan dan masak, higienitas penjaja makan dan lainnya.

Agar kantin sehat semakin banyak, diadakan kampanye kantin higienis sunlight. Menurut Senior Brand Manager Risyantie Wulansari, rangkaian kampanye ini menggelar road show mendatangi tujuh sekolah dasar terpilih di tujuh kota di Indonesia. Selain itu juga kempetisi higienis sunlight.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas