Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Saat Kabut Asap Perbanyak Minum Air Putih

Dinas Kesehatan Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan banyak minum air putih saat kabut asap.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Saat Kabut Asap Perbanyak Minum Air Putih
Reuters
Seorang wanita dan seorang anak, memakai masker, naik sepeda motor melalui kabut di Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau pada tanggal 20 Juni 2013. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Nolpitos Hendri

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Melihat kondisi cuaca Pekanbaru yang sampai saat ini masih diselimuti kabut asap, Dinas Kesehatan Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalaupun terpaksa keluar rumah, disarankan menggunakan masker dan banyak minum air putih.

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Rini Hermiyati kepada Tribun menyebutkan, kabut asap akan berpengaruh kepada saluran pernafasan dan daya tahan tubuh. Pengaruh yang akan cepat terlihat pada anak-anak.

"Untuk itu, kepada orangtua supaya mengurangi aktivitas anaknya di luar ruangan, kalaupun perlu hendaknya memakai masker. Selain itu, banyaklah minum air putih, sehingga saluran pernfasan selalu bersih," ungkap Rini.

Mengenai jumlah penderita ISPA di Pekanbaru, menurut Rini, pada minggu lalu belum terlihat peningkatan yang drastis. Ini berdasarkan data warga yang berobat ke Puskesmas dan Puskesmas pembantu di Pekanbaru.

"Belum ada kenaikan jumlah korban yang berarti. Mungkin bisa dilihat lagi nanti pada laporan Senin ini. Kami masih menunggu laporan dari semua Puskesmas," sebut Rini.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas