Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Enam Makanan dan Minuman Pencegah Kerusakan Gigi

Enam santapan ini bisa mencegah gigi dan ancaman kerusakan karena berlubang maupun berkarang.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Enam Makanan dan Minuman Pencegah Kerusakan Gigi
Istimewa
Buah apel bagus buat kesehatan gigi. 

TRIBUNNEWS.COM - Hampir semua orang pernah mengalami masalah gigi berkarang dan berlubang. Tentulah makanan dan minuman terutama yang mengandung kadar gulu tinggi adalah faktor penyebab utama kenapa masalah ini bisa terjadi

Tapi tak semua makanan manis memicu gigi bermasalah. Pasalnya makanan dan minuman justru membantu melindungi gigi dari masalah berlubang dan berkarang. Apa sajakah itu?

Keju

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal General Density, para peneliti meneliti kadar plak pH pada 68 partisipan, umur 12 sampai 15 tahun, sebelum dan sesudah makan keju, susu, yogurt, dan paraffin.

Hasilnya, terjadi perubahan plak pH secara signifikan setelah partisipan mengonsumsi produk susu, terutama keju. Para peneliti berpendapat keju memiliki zat yang dapat memerangi masalah gigi berlubang dan berkarang karena peningkatan level pH, yang membuat kalsium dan pembentukan salvia meningkat, membantu mengeraskan kembali enamel.

Apel

Dilansir Reader's Digest, apel diyakini dapat menstimulasi peredaran saliva. Sementara itu, ekstra saliva mengurangi risiko gigi berkarang karena kemampuannya membunuh bakteri.

BERITA TERKAIT

Permen Karet Bebas Gula

Permen karet bebas gula mengandung xylitol. Zat tambahan yang digunakan sebagai pengganti gula ini memiliki kemampuan melawan bakteri penyebab gigi berkarang. Demikian hasil sebuah studi yang dipublikasikan dalam Dental Education.

Susu

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of the American Dental Association, para peneliti mencoba meneliti efek susu, jus apel, dan air keran setelah 20 partisipan mengonsumsi sereal. Mereka diminta untuk tidak berkumur selama 24 jam supaya plak berkembang.

Hasil studi menunjukkan susu membantu menguatkan gigi partisipan dan menurunkan level acidic setelah pengonsumsian sereal.

Teh Hijau dan Teh Hitam

Teh diyakini dapat mengurungi risiko gigi berkarang dan berlubang dengan melindungi gigi dari pertumbuhan plak dan bakteri. Menurut Kenyon College, kandungan camilla sinensis pada teh memiliki properti anti gigi berkarang. Cara penyajian yang benar adalah jangan campur teh dengan gula, susu atau cream.

Wine

Komponen aktif yang ditemukan dalam red wine, seperti proanthocyanidins, diyakini  memiliki antioksidan yang mengandung  properti yang menyehatkan gigi.

Daniel Ngantung


Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas