Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Apa Solusi Gigi Depan Berlubang dan Tidak Rata, Dok?

Dua gigi depan bagian atas saya sudah berlubang, dan tidak rata. Dan itu membuat saya sangat tidak percaya diri.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Apa Solusi Gigi Depan Berlubang dan Tidak Rata, Dok?
net

TRIBUNNEWS.COM  - Tribunnews.com membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut Tribunnews.com.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca Tribunnews.com yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.tribunnews.com.

Pertanyaan Pembaca
Dokter Anastasia, Saya Reny berumur 21 tahun, dari Surabaya. Saya ada beberapa pertanyaan untuk Dokter.

Dua gigi depan bagian atas saya sudah berlubang, dan tidak rata. Dan itu membuat saya sangat tidak percaya diri.

BERITA TERKAIT

Apakah saran Dokter untuk saya? Apakah ini harus dicabut dan dipasang gigi implant? Dan, pada kisaran berapakah dana yang harus saya siapkan? Sedianya Dokter berkenan menjawab pertanyaan saya. Terimakasih.

Jawaban:
Dear Kak Reny, solusi atas anomali kesehatan dan posisi gigi yang sedang Kakak alami yakni:
Segeralah memeriksakan serta merawatkan kedua gigi depan Kakak yang berlubang tersebut ke dokter gigi berkompeten terdekat pilihan Kakak. Gigi akan dirawat sesuai kasusnya.

Andai kondisi anomali kesehatan sang gigi masih dapat dipulihkan, maka gigi akan dirawat. Dan setelahnya akan dibuatkan preparasi tambalan yang sesuai. Karena merupakan gigi yang status kesehatan serta posisinya akan berperan secara estetika yang pada gilirannya nanti berperan terhadap rasa percaya diri Kakak, maka saran saya seyogyanyalah dipilih jenis restorasi perbaikan mahkota gigi sewarna gigi Kakak, yach.. Apapun pilihan materialnya.

Tetapi, andai sebaliknya kondisi kesehatan sang gigi sama sekali tidak dapat kembali dipulihkan, maka gigi terpaksa akan dicabut. Dan segera setelahnya dibuatkan gigi tiruan penggantinya. Apakah berupa gigi tiruan lepasan, gigi tiruan jembatan, maupun gigi implant. Terkait kisaran besaran biaya pemasangan gigi implant tidak dapat saya utarakan di sini, Kak.. Kakak dapat menanyakannya secara pribadi pada saya.

Kedua, andai kondisi tidak ratanya gigi dimaksudkan sebagai kondisi malposisi gigi dari lengkung idealnya, selain melalui preparasi estetik, dapat pula dirawat secara orthodontic dengan kawat gigi, Kak..

Demikianlah penjelasan saya. Terimakasih kembali, yea Kak.. Silakan ditindaklanjuti. Salam sehat dari saya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas