Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Iklan Rokok di Koran Nodai Peringatan Hari Kesehatan

Pasalnya, di kursi tamu undangan telah tersedia sebuah koran terbitan ibukota yang dibagikan secara gratis

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Iklan Rokok di Koran Nodai Peringatan Hari Kesehatan
Tribunnews.com/Eko Sutriyanto
Menkes Nafsiah Mboi dan Koran Berisi Iklan Rokok 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang dipusatkan di Monas ternoda. Pasalnya, di kursi tamu undangan telah tersedia sebuah koran terbitan ibukota yang dibagikan secara gratis.

Yang menjadi masalah, hampir separo halaman depan koran itu justru berisi iklan rokok yang saat ini jadi musuh besar Kementerian Kesehatan. Terang saja, kondisi ini membuat Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyemprot panitia.

"Mana ini panitia (HUT Kesehatan Nasional). Kok ada seperti ini. Nanti saya tanyakan dan protes ke panitia ya," kata Nafsiah Mboi kepada wartawan seusai acara di Monas.

Nafsiah berpandangan perusahaan rokok akan melakukan berbagai cara menghalangi upaya pihak lain, yang meminta masyarakat untuk menghentikan kebiasaan merokok yang buruk bagi kesehatan.

"Jangan dilihat di bagian atasnya ya. Lihat saja bagian bawah yakni peringatan merokok bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti impotensi, kerusakan janin. Itu saja yang dibaca jangan di atasnya," kata Nafsiah.

Usai wawancara, Nafsiah menanyakan kepada panitia hari kesehatan nasional. Jawabannya mengejutkan karena pihak panitia tidak tahu siapa yang menyebarkan koran itu. "Nah, ternyata bukan dari kita. Kita tidak tahu darimana koran ini bisa di sini," katanya.

Nafsiah Mboi dikenal gigih dalam upayanya mencegah makin bertambahkan jumlah perokok. Salah satunya dengan upayanya mengaksesi pengendalian tembakau. Celakanya upayanya justru terganjal tiga kementerian lainnya. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas