Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Masih Muda Pelupa, Itu Tanda Pikun?

Masih muda sudah pelupa? Eits, belum tentu Anda pikun. Kenali dulu berbagai penyebabnya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Masih Muda Pelupa, Itu Tanda Pikun?
net

TRIBUNNEWS.COM - Masih muda sudah pelupa? Eits, belum tentu Anda pikun. Kenali dulu berbagai penyebabnya.

Anda lupa mengingat nama orang, padahal seminggu lalu baru bertemu? Jangan buru-buru menyimpulkan Anda pikun. "Tapi, bisa jadi itu menjadi tanda awal dari pikun," tutur Dr. Tuti Suwirno Zacharia, Sp.S,  dari RS Premier Bintaro.

Anda bisa mengingat sesuatu karena otak menyerap informasi yang diterima dan mengirimkannya ke bagian dimana ingatan tersebut disimpan. "Misalnya, bertemu teman yang memperkenalkan namanya. Lalu, otak akan menyimpan informasi baru sampai Anda bertemu kembali dengan teman tersebut."

Otak kemudian mengingat kembali informasi itu, saat bertemu keduakalinya dengan orang yang sama. "Nah, yang terjadi kadangkala Anda lupa siapa nama orang itu saat bertemu."

Ternyata bagian ingatan untuk mengingat nama orang terpisah dari bagian mengingat pengetahuan. "Itulah kenapa orang mengalami kesulitan mengingat kembali nama orang, tapi tidak saat membuka kaleng atau menghidupkan televisi."

Namun, lupa akan menjadi proses berguna saat informasi yang tidak dianggap penting dibuang. "Otak mengingat apa saja yang dianggap penting dan membuang yang sepele."

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Tabloidnova.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas