Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Sunat saat Dewasa Bisa Hindari Kanker Prostat

Sunat atau sirkumsisi memiliki banyak manfaat kesehatan

Editor: Sanusi
zoom-in Sunat saat Dewasa Bisa Hindari Kanker Prostat
/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sunat atau sirkumsisi memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain mencegah infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, hingga kanker prostat. Namun, untuk menurunkan risiko kanker prostat, sunat sebaiknya dilakukan setelah dewasa.

Sunat yang dilakukan dengan memotong kulit luar ujung penis ini disebutkan bisa mengurangi risiko menderita kanker prostat hingga 45 persen jika dilakukan pada pria berusia di atas 35 tahun.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Kanada dengan mewawancarai sekelompok pria yang separuhnya terdiagnosis kanker prostat antara tahun 2005-2009. Secara umum, risiko kanker prostat turun 11 persen pada pria yang sudah disunat.




Hasil studi juga menunjukkan, manfaat pencegahan kanker prostat ini paling besar dirasakan para pria berkulit hitam. Risiko pria berkulit hitam untuk menderita kanker prostat memang lebih tinggi dibanding pria kulit putih, tetapi risiko itu bisa diturunkan sampai 60 persen jika pria disunat.

Sementara itu, jika sunat dilakukan sebelum bayi berusia setahun, risiko pencegahannya sampai 14 persen.( Lusia Kus Anna)

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas