Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Waspada Maag Jika Dibarengi Muntah-muntah Hebat

Maag kronis perlu mendapatkan pertolongan. Apalagi jika dibarengi dengan gejala peringatan atau alarm symptom.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Waspada Maag Jika Dibarengi Muntah-muntah Hebat
net

TRIBUNNEWS.COM -Rasa perih di lambung sering diasosiasikan dengan penyakit maag. Ya, maag memang bisa terjadi pada siapapun dan umumnya dikarenakan kadar asam lambung yang meningkat sehingga terjadi peradangan pada lambung.

Maag yang terjadi secara tiba-tiba disebut dengan maag akut. Biasanya menyerang ketika terlambat makan atau justru makan makanan yang memang memicu meningkatnya asam lambung atau makanan iritatif, seperti cuka. Namun kondisi ini juga bisa terjadi secara terus menerus yang disebut disebut dengan maag kronik.

Menurut dokter spesialis gastroenterologi Marcellus Simadibrata, maag kronis perlu mendapatkan pertolongan. Apalagi jika dibarengi dengan gejala peringatan atau alarm symptom, seseorang perlu segera memeriksakan diri.

Gejala peringatan yang dimaksud adalah berat badan menurun drastis lebih dari 10 persen dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, buang air besar (BAB) berdarah, pucat, mata kuning, demam, muntah-muntah hebat, dan susah makan.

"Jika dibarengi alarm symptom maka ada kemungkinan seseorang mengalami penyakit yang lebih serius seperti tukak lambung atau bahkan kanker lambung, sehingga harus diperiksa dengan lebih teliti," katanya saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Bila terjadi maag kronik dibarengi dengan gejala peringatan, dokter akan melakukan pemeriksaan endoskopi. Tujuannya untuk memastikan penyebabnya, benarkah penyakit kronis atau bukan, dan tingkat keparahannya.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan, bila penyakit maag akut bisa diringankan dengan hanya obat-obatan yang dijual bebas, namun tidak dengan penyakit kronik. Penanganannya harus lebih serius.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas