Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Trik Cegah Anyang-anyangan, Lebih Baik Pipis Sebelum dan Sesudah Bercinta

Penyebab anyang-anyangan pada wanita disebabkan karena wanita tidak buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Trik Cegah Anyang-anyangan, Lebih Baik Pipis Sebelum dan Sesudah Bercinta
net

TRIBUNNEWS.COM - Penyebab anyang-anyangan pada wanita disebabkan karena wanita tidak buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seksual. Anyang-anyangan ditandai dengan rasa sakit dan panas saat buang air kecil.

Menurut Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH, Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini mengatakan bahwa penyebab anyang-anyangan pada wanita adalah apapun yang dapat menyebabkan iritasi, rangsangan, tekanan pada kandungan kemih, stres, alergi, gangguan pada organ pelvis dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan.

Pada wanita, infeksi adalah penyebab yang paling utama, ini karena perbedaan anatomi saluran kemih yang berbeda dengan pria. Kuman, bakteri sangat mudah menjalar dari sumber infeksi dari misalnya dari vagina, dubur, dan waktu hubungan seksual.

Untuk mencegah anyang-anyangan pada wanita adalah dengan mengusahakan buang air kecil terlebih dahulu sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual, minum air putih 8–10 gelas setiap hari dan selalu menjaga kebersihan daerah sekitar organ intim Ibu.

Tak hanya itu, jangan sekalipun Ibu menganggap remeh anyang-anyangan karena jika tidak ditangani dengan baik bisa berlanjut ke ginjal menjadi infeksi ginjal akut.

BERITA TERKAIT
Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas