Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Bahayanya Tomat Bagi Pengidap Asam Urat

Tanya Flynn dari Universitas Otago meneliti hubungan antara diet dan serangan gout secara lebih mendalam.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bahayanya Tomat Bagi Pengidap Asam Urat
Burpee/BNPS

TRIBUNNEWS.COM -- Daging merah, jeroan, seafood dan beberapa jenis sayuran seperti kangkung dan melinjo dapat memicu serangan gout sehingga harus menjadi pantangan bagi Anda yang menderita asam urat. Kini ada satu lagi yang harus masuk daftar pantangan Anda: tomat!

Tanya Flynn dan rekan-rekannya dari Universitas Otago meneliti hubungan antara diet dan serangan gout secara lebih mendalam.

Tim itu mewawancarai lebih dari 2.500 penderita asam urat (hiperurikemia) dan menanyakan apakah ada makanan tertentu yang memicu serangan gout dan apa saja makanan tersebut.

Sekitar 71 persen mengatakan bahwa makanan tertentu memicu serangan gout mereka dengan seafood berada di peringkat tertinggi 63 persen, alkohol 47 persen dan daging merah 35 persen.

Tomat di tempat keempat

Namun ternyata ada pemicu potensial lain: sekitar 20 persen responden menyatakan bahwa tomat bertanggung jawab atas serangan gout mereka. Ini merupakan fakta baru karena biasanya tomat tidak termasuk dalam daftar.

Flynn dan rekan-rekannya menyikapi hasil survei tersebut sebagai peluang untuk meneliti lebih lanjut bagaimana tomat dicerna dalam tubuh. “Kami ingin tahu apa mekanisme biologis di balik itu,” kata mereka.

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas