Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Keluarga Turut Berperan dalam Perbaikan Gizi

keluarga sadar gizi atau Kadarzi adalah keluarga dengan perilaku gizi yang baik yang mengonsumsi makanan beraneka ragam dengan gizi seimbang.

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Keluarga Turut Berperan dalam Perbaikan Gizi
istimewa
Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu yang diadakan Sari Husada, sekaligus peluncuran produk SGM Nutriday di Jakarta, Minggu (5/6/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengatasi masalah gizi bukan hanya tugas pemerintah melalui kementerian kesehatan saja, tapi juga harus melibatkan peran serta keluarga.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK(K), mengatakan, diperlukan peran keluarga berperan meningkatkan perbaikan gizi di Indonesia.

Sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga dapat berpengaruh yang sangat besar terhadap masing-masing anggotanya.

"Keluarga di Indonesia diharapkan dapat menjadi Keluarga Sadar Gizi yang mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya, sehingga tercapai keadaan gizi yang optimal untuk seluruh anggota keluarga,” kata Inge di sela-sela peluncurkan Gerakan 7 Hari Minum Susu yang diadakan PT Sari Husada di  Jakarta, Minggu (5/6/2016).

Dikatakannya, keluarga sadar gizi atau Kadarzi adalah keluarga dengan perilaku gizi yang baik yang dicirikan dengan mengonsumsi makanan beraneka ragam dengan gizi seimbang.

"Keanekaragaman makanan diperlukan karena tidak ada bahan makanan yang sempurna kandungan zat gizinya dan mengonsumsi makanan beraneka ragam menjamin pemenuhan kebutuhan tubuh akan zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral," tuturnya.

Jadi penting mempertahankan pola makan yang baik berpedoman pada gizi seimbang.

BERITA TERKAIT

"Makanan beragam dan seimbang adalah pilihan makanan keluarga yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan seluruh keluarga dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga,” kata Inge.

Permenkes no. 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang mengatur susunan pangan sehari-hari harus merupakan kelengkapan jenis bahan makanan sumber karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber vitamin dan mineral.

Susu sebagai bagian dari pangan hewani yang dikonsumsi berupa minuman, dianjurkan terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak setelah usia satu tahun.

Bagi anak usia sekolah, konsumsi susu sangat membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan serta peningkatan daya ingat dan kognitif di sekolah.

Joris Bernard, Brand Business Unit Director Sarihusada, berusaha memahami permasalahan dan kebutuhan gizi di Indonesia, sehingga terus melakukan riset dan pengembangan untuk meningkatkan gizi di Indonesia.

"Kami menghadirkan inovasi solusi gizi untuk keluarga Indonesia dengan meluncurkan susu yang mengandung  zat gizi yang lengkap serta sesuai dengan kebutuhan setiap anggota keluarga,” katanya.

Michica Wijaya, Marketing Manager SGM Nutriday mengatakan, membantu melengkapi kebutuhan keluarga dengan 7 kebaikan yaitu vitamin dan mineral, kalsium, serat pangan, protein, zat besi, dengan kadar gula lebih rendah dan rasa enak yang disukai seluruh keluarga.

Peluncuran SGM Nutriday menandai dimulainya Gerakan 7 Hari Minum Susu bagi keluarga Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas