Tribun Kesehatan

Rahasia Dokter Reisa Cepat Pulih Usai Melahirkan Secara Operasi Caesar

Pasangan dr. Reisa Broto Asmoro dan Tedjodiningrat Broto Asmoro kini sedang menikmati perannya sebagai orangtua.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Rahasia Dokter Reisa Cepat Pulih Usai Melahirkan Secara Operasi Caesar
Kompas.com
Reisa Kartikasari 

TRIBUNNEWS.COM - Pasangan dr. Reisa Broto Asmoro dan Tedjodiningrat Broto Asmoro kini sedang menikmati perannya sebagai orangtua.

Sebagaimana diketahui, dokter cantik ini telah melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin laki-laki melalui operasi sesar.

Diakui dr. Reisa, terdapat perbedaan proses persalinan antara anak pertama dan anak keduanya.

"Kalau anak pertama kan nunggunya lama tuh udah 40 minggu lebih tapi enggak ada kemajuan persalinan. Padahal udah semangat banget ingin lahir normal, rutin ikut senam hamil, hypnobirthing lah diikutin, prenatal yoga juga rutin", jelasnya melalui wawancara eksklusif oleh Nakita.id.

Sedangkan untuk putra kedua ini, dr. Reisa lebih mengurangi aktivitasnya karena sudah mengalami pendarahan akibat kontraksi yang amat intens dibandingkan kehamilan yang pertama.

"Makanya beda banget ya yang tadinya aktif banget, yang ini malah harus kurangin aktivitas biar enggak lahir prematur," kata dr. Reisa.

Namun tak dipungkiri, di kelahiran anak keduanya ini dr. Reisa lebih terlihat segar dan bugar.

Setelah diperbolehkan mengangkat kepala dan latihan duduk, dr. Reisa langsung bisa berjalan bahkan mandi dan keramas seperti biasa.

"Soalnya sudah excited banget ya senang, jadinya lebih semangat selain itu juga karena udah pengalaman dulu ya jadi sudah tahu gimana solusinya," tuturnya.

Diakui Reisa persiapan bukan hanya dibutuhkan menjelang persalinan, tetapi juga saat pemulihan.

Baca: Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal Berbagi Jumat dengan Hangat

"Lebih prepare, misalnya obat pereda rasa sakit tuh gimana sih yang buat aku cepat pulih, yang nggak bikin alergi gimana, sudah lebih tahu persiapannya. Intinya sih ikuti saja petunjuk dari dokter setelah operasi tuh harus seperti apa," paparnya.

Ada beberapa hal yang dilakukan dan jangan dilupakan saat kehamilan, yakni beberapa tes kesehatan.

"Jalani pemeriksaan yang diharuskan, misalnya lab test atau tes-tes lain karena dari situ kita jadi bisa tau kondisi bayi seperti apa misalkan ada alergi atau apa bisa ditangani dengan tepat", tutupnya.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas