Tribun Kesehatan

Penyebab Obesitas Selain Pola Makan Tidak Sehat dan Kurang Olah Raga

Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan sangat berisiko terkena serangan jantung.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
zoom-in Penyebab Obesitas Selain Pola Makan Tidak Sehat dan Kurang Olah Raga
Mirror.co.uk
Obesitas 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAWA BARAT - Teknologi dan faktor lingkungan, ternyata juga menjadi salah satu penyebab masyarakat mengalami obesitas atau kegemukan.

Dampaknya, mereka juga sangat berisiko terkena serangan jantung.

Head of Health Committe Nutrifood l, Moch Aldis Rusliadi, SKM, CNWC menjelaskan faktor tersebut juga disebut dengan istilah obesogenic environment.

"Kita lihat kondisi masyarakat kita sekarang, ada istilah obesogenic environment, dimana tanpa kita melakukan apapun, lingkungan kita sudah bisa membuat kita tidak sehat atau menumpuk lemak lebih banyak," ujar Aldis, dalam acara Media Gathering di Bavarian Haus, Bogor, Jawa Barat, Rabu malam (11/7/2018).

Ia menambahkan, faktor kemajuan teknologi juga mendorong sebagian masyarakat secara mudah mengkonsumsi makanan tidak sehat.

"Selain aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat, teknologi juga secara tidak langsung ikut berperan," jelas Aldis.

Menurutnya, kecanggihan teknologi memang memiliki dampak positif. Namun, saat ini penggunaan teknologi ternyata juga semakin meningkatkan penderita obesitas, karena kemudahan untuk mendapatkan makanan yang tidak sehat.

"Meskipun (teknologi) membantu kita, tetapi di sisi lain di zaman sekarang terkadang membuat kita makin mudah mengakses makanan tidak sehat," kata Aldis.

Adanya istilah Obesogenic Environment itu membuat semakin banyak faktor penyebab kegemukan, selain pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik seperti olah raga.(*)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas