Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Akhirnya Aku Tahu

Seringkali Merasa Lupa? Ini Alasan Ilmiah yang Jadi Penyebabnya

Fenomen lupa bisa dibilang hampir dialami semua orang. Tapi sebenarnya adakah alasan khusus kenapa hal itu bisa terjadi?

BizzInsight
Seringkali Merasa Lupa? Ini Alasan Ilmiah yang Jadi Penyebabnya
www.theactivetimes.com
Ilustrasi melupakan sesuatu. 

TRIBUNNEWS.COM - Pernahkah kamu melihat seseorang tetapi tak bisa mengingat namanya?  Atau mungkin pernahkah ketika membuka smartphone kamu masih berusaha keras untuk mengingat passwordnya?

Fenomen lupa di atas bisa dibilang hampir dialami semua orang. Tapi sebenarnya adakah alasan khusus kenapa hal itu bisa terjadi?      

Dilansir dari situs Scientific American, lupanya kita pada suatu hal diibarat menuliskan pesan di atas pasir, yang setiap gelombang laut datang membuat tulisan itu menjadi sulit terbaca hingga akhirnya hilang sepenuhnya.

Fenomena yang disebut memory decay atau hilangnya ingatan ini membuat kita tidak bisa menarik informasi akan sesuatu hal yang sudah disimpan dalam otak kita.

Sulitnya kita mengakses informasi ini disebabkan karena kita tidak mengakses informasi tersebut secara rutin sehingga layaknya pesan di atas pasir yang tergerus ombak, lama kelamaan informasi tersebut akan sulit kita ingat.

Tak hanya alasan di atas, otak juga bisa menjadi penyebabnya. Otak kita yang memiliki lebih dari 100 juta neuron ini ternyata mampu memisahkan manakah informasi penting dan mana yang tidak.

Contohnya ketika berjalan-jalan dan melihat suatu benda, hanya dalam hitungan menit saja kita sudah melupakan benda yang dilihat.

Hal itu terjadi sebab benda tersebut dianggap tidak penting dan hanya masuk kedalam ingatan jangka pendek kita yang hanya mampu mengingat sekitar tujuh benda dalam rentang waktu 30 detik saja.

Namun hal yang  berbeda terjadi dengan uang. Hampir setiap orang pasti mengingat dengan jelas bentuk semua uang yang ia gunakan walaupun tak dilihat setiap saat.

Itu karena otak kita menganggap jika uang adalah aspek penting dalam hidup sehingga ingatan ini tersimpan dalam ingatan jangka panjang kita.

Tak hanya dari sisi biologis saja, alasan psikologis juga bisa menyebabkan kenapa kita seringkali lupa akan suatu hal.

Dilansir dari smallbiztrends.com, terkadang kita secara tidak sadar dengan sengaja melupakan suatu ingatan. Hal ini terjadi karena beberapa hal. Bisa jadi hal itu disebabkan ingatan tersebut membuat kita trauma atau membuat kita merasa tidak nyaman.

Namun banyak beberapa ilmuwan yang meragukan hal ini. Itu karena teori di atas bukan hal yang bisa diterima secara universal sebab nyaris mustahil untuk menguji fenomena di atas.

Melihat alasan mengapa kita melupakan sesuatu di atas, lantas apa yang bisa kita lakukan agar hal seperti tidak mampu mengingat nama seseorang atau password smartphone tak menggangu kehidupan kita?

Misalnya saja jika kamu seringkali lupa password smartphone milikimu, menggunakan teknik keamanan lain seperti fingerprint, face recognition, atau Screen Touch ID, yakni kemampuan layar sentuh untuk membaca sidik jari kita seperti yang dimiliki Vivo V11 Pro bisa jadi solusinya.

vivo

Nah, jika kamu sering melupakan nama, mengingat fitur-fitur wajah khusus yang dimiliki oleh orang tersebut bisa menjadi solusinya.

Contohnya saja seperti yang dilakukan anggota SNSD Sunny yang pada awal bertemu anggota-anggota SNSD lainnya mengingat fitur-fitur wajah khusus yang dimiliki tiap anggota untuk bisa mengingat nama mereka.

Selain itu untuk bisa mengingat lebih baik lagi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, seperti:

- Membuat list apa yang harus dilakukan pada note atau smartphonemu

- Membuat rencana harian pada aplikasi smartphone atau menuliskannya di buku jurnalmu

- Membuat gambaran. Misalnya jika kamu meletakan kunci atau memarkir kendaraan ingatlah hal-hal yang ada di sekeliling tempat itu.

- Ulangi terus menerus kata-kata yang ingin kamu ingat.

- Melihat secara mendetail suatu hal sehingga kamu tak cepat melupakannya.

- Tetaplah terorganisir.

Solusi-solusi di atas hanya sebagian kecil yang bisa kamu lakukan jika kamu tak ingin selalu lupa. Kamu bisa menemukan metode-metode tersendiri selain cara-cara di atas yang kamu anggap membuatmu bisa mengingat secara mudah.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas