Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mengenal Sistem Pertahanan Tubuh Si Kecil Agar Selalu Aktif di Luar Rumah

Adanya sistem pertahanan tubuh ini untuk melindungi si kecil terhadap gangguan, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Mengenal Sistem Pertahanan Tubuh Si Kecil Agar Selalu Aktif di Luar Rumah
Istimewa
Ilustrasi. 

Sejak masih dalam kandungan, pertahanan tubuh Si Kecil sudah terbentuk. Adanya sistem pertahanan tubuh ini untuk melindungi Si Kecil terhadap gangguan, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang mampu memberikan kekebalan di antaranya kulit, rambut, kuku, keringat, air mata, dan asam lambung, tetapi yang paling terpenting adalah sel darah putih.

Sel yang lebih dikenal dengan antibodi ini mampu melindungi Si Kecil dari berbagai benda asing: bakteri, virus, dan jamur yang mencoba menyerang dan memasuki tubuh anak. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi yang optimal dan adekuat selama masa hamil sangatlah penting.

Apalagi sistem pertahanan tubuh Si Kecil mulai menurun. Pada saat ini, sistem pertahanan harus segera mendapat dukungan dari luar, berupa vaksinasi dan nutrisi. Vaksinasi ini diberikan sesuai dengan umur bayi. Sedangkan pada nutrisi, Bunda dapat memberikan ASI secara langsung.

Berdasarkan penjelasan Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, sebagai sumber nutrisi utama, ASI mengandung berbagai macam zat, seperti kolostrum, yang kaya Immunoglobulin, Ig A, Nukleotida, Bifidus Faktor dan Laktoferin.

Jika diberikan sejak usia dini, nutrisi-nutrisi ini akan dapat melindungi diri Si Kecil dari risiko penyakit infeksi menular, alergi, dan penyakit kanker pada masa depannya.

Nutrisi Makro dan Mikro

Menurut dr. Muliaman, jenis nutrisi yang membantu sistem pertahanan tubuh Si Kecil terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu, nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi Makro biasanya dibutuhkan dalam jumlah banyak, misalnya saja karbohidrat (nasi, roti, kentang, jagung) dan juga lemak (daging, kuning telur, minyak ikan dan kacang-kacangan) yang berfungsi sebagai sumber tenaga.

Protein (putih telur, susu, ikan, daging, tahu/tempe) adalah nutrisi makro berikutnya yang paling dibutuhkan tubuh.

Sedangkan kelompok nutrisi mikro untuk membentuk daya tahan tubuh adalah vitamin, (vit A, B komplek, C, D, E), mineral (seng, iodium, dan selenium). Semuanya bisa ditemukan dalam buah, sayur, daging, dan susu.

Halaman
12
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas