Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pentingnya Penggunaan Pelembab di Bagian Perut Sejak Kehamilan Dini

Perawatan kulit di bagian kulit penting dilakukan oleh ibu hamil sejak usia dini kandungan untuk mencegah timbulnya gatal akibat stretchmark

Pentingnya Penggunaan Pelembab di Bagian Perut Sejak Kehamilan Dini
klikkesehatan
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kondisi perut yang melebar pada ibu hamil menimbulkan gurat-gurat halus pada kulit sekitaran perut atau disebut dengan stretchmark.

Dr. Conny Melly Rosdiana, SpKK dari Bamed Skin Care menjelaskan selain karena faktor genetik tersebut, stretchmark juga bisa timbul karena perawatan kulit yang tidak baik.

“Sebenarnya stretctmark itu terbentuk karena ada faktor genetik, kedua karena perawatan kulit yang tidak tepat makanya pakai pelembap,” ucap dr Conny saat ditemui Tribunnews.com, beberapa waktu lalu di acara temu media Bamed Skin.

Perawatan kulit di bagian kulit penting dilakukan oleh ibu hamil sejak usia dini kandungan untuk mencegah timbulnya gatal akibat stretchmark dengan penggunaan pelembab.

Kemudian pelembab juga dapat megantisipasi kulit kering di sekiraran perut karena perubahan hormon yang membuat kulit jadi sensitif.

Baca: Zahrotur Riyad, Dokter Gigi yang Gigih Mengatasi Kehamilan Remaja di Pulau Kecil

“Makanya kita selalu memgajarkan prefentif menggunakan pelembab dan bukan ketika perutnya sudah besar tapi dari awal kehamilan,” ujar dr. Conny.

Saat gatal sedang meradang upayakan jangan menggaruk secara langsung pada kulit ataupun dengan menggesekan baju pada kulit.

Jika terus digaruk bisa jadi menimbulkan eksim atau efek lainnya pada kulit seperti ruam.

“Digaruk tuh salah. Dari luar baju juga salah, bajunya kasar, bahannya menggeser perut kita, jadinya eksim. Paling penting adalah penggunaan pelembap,” pungkas dr. Conny.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas