Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Bahaya Suhu Panas dan Polusi Terhadap Penularan Tuberkulosis

Udara tropis dengan suhu udara panas ditambah dengan polusi seperti di Jakarta, tidak hanya berbahaya bagi penderita tuberkulosis (TB).

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Bahaya Suhu Panas dan Polusi Terhadap Penularan Tuberkulosis
medicalnewstoday.com
Ilustrasi batuk 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Udara tropis dengan suhu udara panas ditambah dengan polusi seperti di Jakarta, tidak hanya berbahaya bagi penderita tuberkulosis (TB).

Suhu yang panas dan polusi dapat membuat kondisi tubuh penderita tuberkulosis makin lemah, sehingga efek samping dari penyakit TB seperti batuk meningkat instensitasnya.

“Iya saat panas dia bisa semakin parah tapi karena daya tahan tubuhnya ya bukan karena polusinya,” papar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, MKes saat ditemui di acara ‘Youth in TB’ di Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Baca: Sunan Kalijaga Lihat Indikasi Salmafina Ingin Tinggalkan Indonesia

Saat batuk dan penderita tidak menutup mulut, maka droplet infection (ludah) keluar dari mulut dan menyebar melalui udara sehingga menularkan tuberkulosis.

Seperti dikatakan dr. Wiendra dari satu orang TB droplet infection-nya bisa memularkan penyakit TB hingga ke 15 orang.

Maka langkah pencegahan seperti penggunaan masker sangat dibutuhkan saat berada di luar ruangan termasuk saat bepergian menggunakna transportasi umum.

Baca: Salmafina Pindah Agama, Ini Alasan Sunan Kalijaga Menganggap Kabar Itu Hoaks

Baca: Anak Raffi Ahmad Sekolah di Cikal, Penasaran Berapa SPP-nya?

BERITA TERKAIT

“Makanya kita ingatka kemarindi tempat umum pakailah masker artinya dia tertular atau pun menularkan dia pakai masker jadi bisa melindungi diri, kemudian yang TBC bisa melindungi orang lain,” ungkap dr. Wiendra.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, estimasi penderita TB di Indonesia saat ini angkanya mencapai 842 ribu orang dan baru 549 ribu yang ditemukan dan melakukan upaya penyembuhan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas