Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering

Mata kering yang memiliki ciri-ciri gatal, merah, perih bisa karena faktor lingkungan hingga terlalu lama menatap tv, komputer, atau layar.

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering
net
Kompres mata 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Mata kering yang memiliki ciri-ciri gatal, merah, perih bisa karena faktor lingkungan hingga terlalu lama menatap tv, komputer, atau layar.

Saat kondisi mata kering terjadi tentu aktivitas terganggu karena mata juga akan terasa sangat berat ketika bekerja.

Dr. Nina Asrini Noor, SpM, spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) berbagi tips agar mata tidak mudah kering dengan rutin mengompres kelopak mata dengan air hangat saat malam hari.

Sensasi hangat dapat membantu memberikan treatment pada kelenjar mata yang terdapat lapisan air mata, lapisan lendir yang mampu membantu mengatasi mata kering.

Dr. Nina Asrini Noor, SpM, spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) saat ditemui di acara Buka Mata Buka Insto di Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).
Dr. Nina Asrini Noor, SpM, spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) saat ditemui di acara Buka Mata Buka Insto di Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019). (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

“Apalagi iklim kita tropis banyak gangguan di kelenjar kelopak mata, itu bisa dijaga kualitasnya dengan cara rajin kompres air hangat,” kata dr. Nina saat ditemui di acara Buka Mata Buka Insto, Rabu (11/9/2019)

Kemudian gaya hidup juga bisa mempengaruhi terjadinya mata kering termasuk mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu rehidrasi mata.

Kemudian pastikan juga melakukan kedipan yang sempurna yakni kelopak mata bertemu dengan kelopak mata bawah agar bagian mata bantu dibasahi oleh air dari kelopak.

Mata kering
Mata kering (NET)

“Jangan kedip ala kadarnya, harus sempurna dan kalau minum jarang mata juga bisa ikut kering,” ungkap dr. Nina.

Tips lainnya adalah mengurangi menatap layar yang terlalu intens hingga berjam-jam tanpa jeda, dan menggunakan lensa kontak sesuai anjuran dokter.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas