Tribun Kesehatan

Si Kecil Kerap Batuk dan Pilek? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Asma

Penyakit asma bisa terjadi pada anak-anak dengan berbagai gejala yang mudah dikenali orangtua sehingga bisa ditangani dengan cepat.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Si Kecil Kerap Batuk dan Pilek? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Asma
net
Ilustrasi anak derita asma 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Penyakit asma bisa terjadi pada anak-anak dengan berbagai gejala yang mudah dikenali orangtua sehingga bisa ditangani dengan cepat.

Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan Theresia, dr. Sandra Diah Ratih menyebutkan gejala pertama yang paling mudah dilihat adalah sesak nafas.

"Jadi kalau anak nafas seperti kucing, ngik-ngik gitu nafas berar itu lebih jelas terlihat," ungkap dr. Sandra di acara 'Penanganan Intervensi Perbaikan Penanganan Asma di Indonesia, di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Kemudian batuk dan pilek juga bisa menjadi penanda anak menderita asma.

Terlebih jika batuk atau pilek kerap berulang dan durasinya panjang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Acara Penanganan Intervensi Perbaikan Penanganan Asma di Indonesia, di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).
Acara Penanganan Intervensi Perbaikan Penanganan Asma di Indonesia, di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019). (Tribunnews.com/Apfia Tioconng Billy)

"Kalau sudah pilek dan batuk berulang harus ke dokter nanti dolkter cari triger apa yang bikin dia terserang asma, bisa dari infeksi flu sebabkan asma atau batuknya," kata dr. Sandra.

Baca: Mengapa Tak Terlihat Darah Saat Wiranto Ditusuk? Dokter Bedah Ini Berikan Penjelasan Ilmiahnya

Baca: Seusai Bersepeda, Pria dari Tuban Ini Asyik Berswafoto, Tiba-Tiba Mengeluh Sesak Nafas Lalu Tewas

Sedangkan penyebab paling besar asma adalah asap rokok, debu, tungau, dan tentunya riwayat keluarga sangat berpengaruh besar timbulnya asma pada anak.

"Hal-hal itu yang paling banyak menyebabkan asma dan kalau ada riwayat asma tidak dianjurkan punya karpet, wallpaper, yang plain aja pilih gorden yang tipis dari bahan katun yang gak bikin banyak debu ngumpul," pungkas dr. Sandra.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas