Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Generasi Bersih dan Sehat

Ayah, Peran Anda Penting untuk Mencegah Anak dari Stunting

Kolaborasi antara seorang ayah dengan ibu penting untuk dilakukan dalam membangun rumah tangga. Tidak hanya rukun dan saling mencintai, tetapi juga p

BizzInsight
Ayah, Peran Anda Penting untuk Mencegah Anak dari Stunting
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Kolaborasi antara seorang ayah dengan ibu penting untuk dilakukan dalam membangun rumah tangga. Tidak hanya rukun dan saling mencintai,  tetapi juga peduli dengan kesehatan anak.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Bayangkan saja ketika ibu jatuh sakit atau sedang hamil lagi, peran ayah sangat dibutuhkan untuk menjaga si kecil dari kuman-kuman jahat.

Dengan menjaga kebersihan rumah, sang buah hati akan tumbuh dengan baik dan terhindar dari stunting. Stunting sendiri merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr dr Wani Gunardi Sp MK(K) angkat bicara terkait permasalahan ini. Menurutnya, stunting bukan hanya disebabkan oleh asupan gizi yang masuk, faktor menjaga kebersihan juga turut berkontribusi dalam peningkatan stunting.

Ia mencontohkan, misal gizi masuk dengan baik, namun sanitasi dan akses toiletnya buruk maka bakteri jahat bisa masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan diare. Diare itulah yang menyebabkan asupan gizi pun tidak terserap dengan baik.

Selain diare, Global Alliance on Health and Pollution 2019 menyebutkan, buruknya sanitasi dapat meningkatkan angka kematian. 

Selain menjaga kebersihan anak, hindari merokok di dalam rumah atau sekitar anak. Menurut penelitian yang dilakukan Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) Universitas Indonesia ditemukan bahwa, anak dengan orangtua perokok ternyata dapat mengalami stunting alias kondisi gagal tumbuh dan kurangnya kecerdasan pada anak.

Ilustrasi cucian kotor
Ilustrasi

Pasalnya, asap rokok dapat mengganggu penyerapan gizi anak dan akhirnya mengganggu tumbuh kembangnya.     

Untuk mengatasi hal tersebut, berbagai langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar bisa dilakukan oleh seorang ayah, seperti menjaga kebersihan kamar mandi, memastikan drainase dapat berfungsi baik, dan membiasakan anak untuk rajin mencuci tangan.

Sudah sepatutnya mengatasi masalah stunting bukan hanya dibebankan kepada para ibu. Selain itu, pemerintah melalui berbagai kementerian juga turut memberikan perhatian mengenai masalah ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia, misalnya, menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) dan melakukan kampanye nasional penurunan prevelansi stunting di Indonesia.

Dikutip dari website kominfo.go.id, Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Wiryanta mengatakan, langkah tersebut dipilih agar mampu mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari

Agar sukses menurunkan angka stunting, pihaknya menyadari tidak bisa berjalan sendiri. Atas dasar tersebut, Kominfo menggandeng berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan lintas kementerian untuk bersama mengatasi masalah stunting.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas