Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Kendalikan Berat Badan Hingga Optimalkan Kesehatan Sel

Selain menjalankan perintah agama, berpuasa juga punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh jika dijalanlan dengan memperhatikan gizi seimbang.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Kendalikan Berat Badan Hingga Optimalkan Kesehatan Sel
Istimewa
Ilustrasi puasa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Selain menjalankan perintah agama, berpuasa juga punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh jika dijalanlan dengan memperhatikan gizi seimbang saat sahur dan berbuka.

Nutrition Specialis Youvit, Rachel Olson menyebutkan tiga manfaat dari berpuasa bagi kesehatan tubuh yakni yang pertama adalah pembatasan kalori.

Kalau kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan sehingga dapat mengurangi berat badan. Cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan sambil berpuasa.

"Karena porsi makan lebih kecil dan tidak sering, otomatis konsumsi kapori lebih rendah jadi kita bisa menurunkan berat badan saat puasa," kata Rachel saat webinar, Rabu (6/5/2020).

Manfaat kedua berpuasa yakni dapat mengurangi lemak dalam tubuh karena saat berpuasa dan tidak ada makanan yang masuk sekitar 13 jam maka tubuh akan mengambil energi dari lemak.

Ilustrasi Menimbang Berat Badan.(oowomaniya.com)
Ilustrasi Menimbang Berat Badan.(oowomaniya.com) ((oowomaniya.com))

"Jadi kita gak makan maka tubuh mebakar lemak sebagai energi yang biasanya kita dapat dari makanan," ungkap Rachel.

Manfaat ketiga adalah puasa bisa membantu meregenerasi sel dalam tubuh karena proses detoksifaikasi bisa lebih optimal karena makanan tidak sering masuk seperti saat tidak berpuasa.

BERITA TERKAIT

"Puasa regenerasi sel terjadi jadi kita mebakar lemak, kolesterol, protein yang rusak, jadi sel-sel di dalam tubuh dipakai juga dan pada akhirnya toxic dan stabilkan gula darah karena memilih makannan yang tepat," pungkas Rachel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas