Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Imun Tubuh, Garis Pertahanan Melawan Virus COVID-19

Dengan daya tahan tubuh atau sistem imun yang kuat, tubuh dapat terjaga dari berbagai infeksi sehingga membuat tubuh tetap sehat.

BizzInsight
zoom-in Imun Tubuh, Garis Pertahanan Melawan Virus COVID-19
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM – Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi setiap orang. Dengan daya tahan tubuh atau sistem imun yang kuat, tubuh dapat terjaga dari berbagai infeksi sehingga membuat tubuh tetap sehat.

Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Penyakit Dalam, FKKMK UGM, dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD-KAI., FINASIM., pun mengatakan bahwa menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh sangat penting, terlebih saat pandemi Coronavirus seperti saat ini.

Deshinta menjelaskan, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain mematuhi anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan Covid-19 seperti physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker, langkah lain yang bisa dilakukan ialah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk itu, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk pun turut berpartisipasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat dan para tenaga medis di tengah pandemi ini melalui penyaluran donasi 75.000 sachet Tolak Angin Cair.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Kepala BNPB Doni Monardo, didampingi kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP pada Selasa (19/05).

“Kami menyerahkan Tolak Angin 75.000 sachet diserahkan ke BNPB untuk suplemen tambahan penderita COVID-19. Sebelumnya kami sudah melakukan sendiri, mengirimnya ke rumah sakit. Karena Tolak Angin secara resmi telah lolos tahap uji fase pertama (COVID-19) dan terbukti untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Irwan Hidayat.

Sido Muncul Salurkan 75.000 Tolak Angin
Penyerahan donasi 75.000 sachet Tolak Angin Cair oleh DIrektur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Kepala BNPB Doni Monardo yang didampingi kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP.

Irwan juga menegaskan, Tolak Angin bukanlah sebagai obat penyembuh virus corona tetapi sebagai suplemen untuk daya tahan tubuh agar kuat melawan virus mematikan tersebut.

BERITA TERKAIT

Selama pandemi, Sido Muncul telah menyiapkan dana sebesar 15 Miliar yang siap disalurkan untuk membantu masyarakat dan tenaga medis terdampak Covid-19. Sebelumnya, Sido Muncul telah menyalurkan bantuan kepada banyak pihak. 

Diantaranya yaitu para lansia di Panti Sosial Tresna Budi Mulia 2 dan 4, pengemudi ojek dan taksi online, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Palang Merah Indonesia (PMI), Keuskupan Agung Jakarta, Benihbaik.com, Kitabisa.com, dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI).

Tak hanya itu, Sido Muncul juga telah menyalurkan bantuan kepada Badan Amal Kasih Katholik (BAKKAT), Universitas Islam Indonesia, Yayasan Media Group, Akademi Polisi di Semarang, Rumah Perubahan, Satkes Denma Mabes TNI, Walikota Semarang, Kodim Semarang, Universitas Negeri Semarang, Paroki St. Yohanes Rasul Pringwulung, Gereja Katedral Jakarta, serta tenaga medis di belasan rumah sakit di Indonesia. 

Bantuan yang diserahkan Sido Muncul berupa uang tunai, paket sembako, produk- produk Sido Muncul seperti Tolak Angin, Vitamin C-1000, Tolak Linu, KBE Vit C, Jahe Wangi, Susu Jahe, Madu Sido Muncul, dan Kapsul Dari Daun Pepaya, serta Alat Pelindung Diri (APD) seperti baju hazmat, gloves, goggles, masker KN94, Rapid Test, dan hand sanitizer.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berlalu, tapi yang pasti saat-saat ini, masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita semua. Maka, kami berkomitmen untuk tetap membantu, bekerja sama dengan pemerintah supaya dapat meringankan kehidupan mereka yang terdampak Covid-19. Mari kita berupaya dan berdoa, supaya kita tetap sehat dan bencana ini segera berlalu,” tutup Irwan.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas