Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pakaian yang Pas Ketika Beraktivitas di Masa New Normal

Jelang new normal, banyak yang sudah mulai mempersiapkan alat-alat untuk memproteksi diri.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Pakaian yang Pas Ketika Beraktivitas di Masa New Normal
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Pengunjung mengenakan face shield atau alat pelindung wajah saat berbelanja di Plaza Marina Surabaya, Rabu (3/6/2020). Plaza Marina Surabaya menerapkan protokol penerapan normal baru atau new normal secara ketat bagi setiap pengunjung seperti wajib memakai pelindung wajah, masker dan melalui pengecekan suhu tubuh saat masuk mal. Semua karyawan di salah satu pasar telekomunikasi ini juga diwajibkan menggunakan sarung tangan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang new normal, banyak yang sudah mulai mempersiapkan alat-alat untuk memproteksi diri dari virus corona (Covid-19).

Alat-alat itu, di antaranya masker kain, topi dengan pelindung wajah (face shield), hingga alat makan sendiri.

Satu lagi yang harus diperhatikan nanti saat new normal adalah pakaian yang digunakan. Terutama saat beraktivitas menggunakan transportasi umum maupun di tempat-tempar keramaian.

Baca: Jelang New Normal, Berapa Jarak Fisik Ideal untuk Cegah Penularan Covid-19?

Dr. Praditha Budi Pranata, M. H menyebutkan saat beraktivtas di tempat ramai usahakan gunakan baju yang tertutup seperti jaket.

Tujuannya untuk menghindari sentuhan antar kulit dengan orang-orang di keramaian apalagi saat ditempat umum yang tidak saling mengenal.

"Pakai jaket agar menghindari kontak fisik dengan lain jadi antara pakaian ke pakaian saj, tidak melakukan kontak fisik tubuh," ungkap dr. Praditha, Jumat (5/6/2020).

BERITA REKOMENDASI

Bahan apa saja sebenernya tidak masalah seperti misalnya bahan dari katun yang penting setelah dipakai seluruh baju harus langsung dicuci.

"Ketika sudah memakainya pasti dicuci apalagi kalau bertemu dan berkumpul dengan yang lain, setelahnha harus dicuci tidak lagi dipakai untuk mengurangi terpapar infeksi," kata dr. Praditha.

Kemudian selama berada di luar ruangan pastikan jangan sampai melepas masker dan rajin cuci tangan apalagi kalau menyentuh fasilitas-fasilitas umum.

Jika tidak menemukan air untuk cuci tangan gunakan hand sanitizer atau sebelum menyentuh barang di fasilitas umum gunakan semprotkan desinfektan terlebih dulu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas