Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pandemi Covid-19 Bisa Bikin Anak Stres, Kenali Ciri-Cirinya

Ajak anak aktif bergerak karena kalau hanya duduk saja main game online, aktivitasnya tidak beraturan karena hanya di rumah saja

Pandemi Covid-19 Bisa Bikin Anak Stres, Kenali Ciri-Cirinya
net
Anak stres 

Laporan Wartawan Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tidak hanya orang dewasa yang bisa mengalami tekanan psikologi di masa-masa pandemi virus, anak-anak juga bisa ikut merasakan stres juga.

Tanda-tandanya pun mudah dilihat oleh orangtua karena biasanya anak akan mengalami perunahan sikap atau pun perilaku.

Psikolog Saskhya Prima dari Tiga Generasi menjelaskan tanda pertama yang bisa terlihat adalah perubahan sikap anak yang selalu ingin nempel sama orang tuanya.

"Bisa terlihat dari situasi padahal gak papa nih biasa saja tapi anak jadi clingy banget, maunya nempel terus," ungkap Saskhya saat live instagram bersama @agnesmarlita, Rabu (17/6/2020).

Kemudian waspadai juga kalau anak-anak yang sudah berhasil melewati fase-fase pertumbuhan tertentu tapi tiba-tiba melakukan hal itu kembali.

Baca: Kenapa di Usia Muda Rambut Sudah Beruban? Selain Genetika, Stres Bisa Jadi Faktor Lain

Contohnya yang sering terlihat adalah anak sebenarnya sudah tidak ngompol saat tidur malam tapi kembali ngompol lagi, itu bisa jadi pertanda anak stres.

"Padahal anaknya gak ngompol eh jadi ngonpol apalagi yang udah lewat gerakan tutup mulut (GTM) eh tiba-tiba GTM lagi, bisa juga jadi makan berlebih," kata Saskhya.

Solusinya adalah kembali pahami apa masalah yang dialami anak yang membuat anak mengalami perasaan yang tidak enak.

Baca: Lama Tak Eksis di TV, Ini Kabar Terbaru Daus Mini, Akui Sempat Stres karena 3 Bulan Tak Ada Job

Dengarkan dulu ceritanya supaya semua beban anak dilepaskan baru dijelaskan dengan kondisi covid-19 saat ini di mana anak-anak hanya bisa melalukan aktivitas di rumah saja karena ada virus yang berbahaya.

Ajak anak aktif bergerak karena kalau hanya duduk saja main game online, aktivitasnya tidak beraturan karena hanya di rumah saja itu bisa membuat perasaan anak tidak enak.

"Kalau anak gak sekolah jadi meningkat screen time tapi aktivitas fisik berkurang maka tidur gak beraturan akan membuat emosi gak nyaman," pungkas Saskhya.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas