Tribun Kesehatan

Meredakan Batuk pada Anak Tanpa Obat, Air Mineral hingga Susu Formula Bisa Digunakan

Daripada menggunakan obat tanpa resep dokter, banyak bahan-bahan alami yang terdapat di rumah yang bisa membantu meredakan batuk pada anak.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Meredakan Batuk pada Anak Tanpa Obat, Air Mineral hingga Susu Formula Bisa Digunakan
Sehatnews
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daripada menggunakan obat tanpa resep dokter, banyak bahan-bahan yang terdapat di rumah yang bisa membantu meredakan batuk pada anak.

Dokter Spesialis Anak Subspesialis Respirologi, dr. Rifan Fauzie, SpA menyebutkan yang dibutuhkan untuk membantu menyembuhkan batuk adalah cairan.

Cairan yang melewati tenggorokan dapat membuat dahak yang kental jadi lebih encer dan bisa dikeluarkan lewat saluran napas.

Baca: Anak Tak Mau Makan karena Batuk Pilek, Atasi dengan 4 Cara Ini

"Cairan itu punya efek untuk mengencerkan dahak jadi lebih ringan batuknya. Lalu dahak bisa dibatukan lewat saluran napas sehingga tidak menyebabkan gangguan bernapas," ungkap dr. Rifan saat live bersama Radio Kesehatan, Rabu (8/7/2020).

Nah sumber-sumber cairan yang disarankan saat anak batuk utamanya adalah air mineral, Air Susu Ibu (ASI) bagi anak usia di bawah dua tahun atau dengan susu formula.

Seperti yang banyak diketahui ASI punya banyak manfaat untuk bayi untuk menyembuhkan penyakit dan susu formula juga banyak kandungan vitaminnya.

Baca: Menjawab Kemungkinan Penderita Stroke Bisa Sembuh dan Hidup Normal

Kemudian pilihan lainnya adalah makanan yang banyak megandung cairan seperti dari sayur dan buah-buahan sekaligus bisa mendapatkan vitamin dari sayur dan buah.

Karena anak sedang sakit makanan bisa dikelola dengan resep-resep unik seperti membuat soup sayur yang disajikan saat hangat jadi anak semakin lahap makannya.

Baca: Benarkah Anggapan Sering Digendong Ibunya Bakal Jadi Anak Mami Ketika Besar? Ini Kata Psikolog

"Soup hangat itu asa sayur dan cairannya, ada vitamin juga itu bagus untuk mekanisme pertahanan tubuh," kata dr. Rifan.

Kalau punya resep dari obat tradisional yang dipercaya meredakan batuk tidak masalah yang penting pilih yang banyak kandungan airnya.

"Ada beberapa yang pakai ramuan tradisional gakpapa yang penting yang banyak cairan," ungkap dr. Rifan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas