Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penurunan Hormon dan Trauma Bisa Menurunkan Hasrat Bercinta Pada Wanita

Hambatan dalam menikmati hubungan seksual tergolong dalam gangguan kesehatan seksual yang banyak dialami wanita.

Penurunan Hormon dan Trauma Bisa Menurunkan Hasrat Bercinta Pada Wanita
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hambatan dalam menikmati hubungan seksual tergolong dalam gangguan kesehatan seksual yang banyak dialami wanita.

Medical Sexologies dr Binsar Martin Sinaga FIAS mengungkapkan gangguan hasrat seksual ini dialami 8 dari 10 wanita terutama bagi wanita yang sudah menjelang menopause.

"Gangguan hasrat ini menempati angka 80 persen dari yang namanya gangguan seksual pada kaum wanita, tanpa disadari 8 diantara 10 wanita mengalami masalah terutana yang di atas 40 tahun," kata dr Binsar saat live talkshow bersama Tribunnews.com, Kamis (9/7/2020).

Baca: WHO Rilis Pedoman Baru Protokol Kesehatan, Enggan Singgung Penularan Corona Melalui Udara

Untuk wanita yang menjelang menopause, hasrat seksual menurun karena hormon esterogen yaitu hormon seks wanita sudah mengalami penurunan.

Saat hormon esterogen menurun maka akan memengaruhi kebugaran wanita dan apabila kondisi tidak bugar keinginan seksualnya ikut menurun.

"Hormon esterogennya tidak habis tapi menurun signifikan, jadi emang berhenti proses pembentukan telurnya dan mulai terganggu metabolisme tubuh lalu muncul sakit penyakit," ungkap dr Binsar.

Pada wanita yang belum menopause, gangguan hasrat seksual bisa disebabkan adanya penyakit yang diidap seperti diabetes atau hipertensi yang membuat malas berhubungan seksual dengan suami.

Baca: Protokol Kesehatan yang Wajib Diketahui Wisatawan Sebelum Kunjungi Lawang Sewu

"Balik lagi, kalau ada gangguan penyakit maka tubuh kan jadi tidak bugar dan akhirnya malas melakukan hubungan seksual," kata dr Binsar.

Terakhir masalah psikologis juga bisa memengaruhi gairah seksual pada wanita terlebih kalau ada trauma ada di masa lalu.

Trauma yang dialami tidak harus trauma besar, rasa sakit saat bercinta contohnya, itu juga bisa menurunkan hasrat seksual pada wanita.

Baca: Dokter Reisa Beri Tips Aman Olahraga di Tempat Umum, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Diterapkan

"Pengalaman seksual, trauma masa lalu sangat membentuk kebugaran seksual masa kini. Kalau ada problem psikologis atau konflik juga akan meyebakan wanita malas hubungan seksual," ucap dr Binsar.

Masalah gangguan hasrat seksual pada wanita bisa disembuhkan dengan bantuan medik yakni dengan cara meningkatkan kembali hormon esterogen maupun memperbaiki masalah psikologinya.

"Jadi penyembuhannya kalau ada sakitnya kita obati, kalau ada problem psikologis kita atasi dengan pasangannya juga atau yang ada dilingkungannya jadi dibutuhkan juga bantuan pasangannya," kata dr Binsar.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas