Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus di Pakaian

Melihat Lebih Dekat Penampakan Kuman Tak Kasatmata di Pakaian

Setelah dicek melalui lensa mikroskop, barulah ketahuan ada ‘penghuni’ tak kasatmata yang mendiami pakaian kita.

BizzInsight
Melihat Lebih Dekat Penampakan Kuman Tak Kasatmata di Pakaian
Shutterstock
Ilustrasi kuman. 

TRIBUNNEWS.COM - Pernah membayangkan kuman apa saja yang menempel di pakaian kita? Tidak hanya di tempat kotor, baju juga menjadi sarang paling nyaman bagi kuman dan bakteri untuk bersarang.

Enggak percaya? Coba deh cek video YouTube dari akun VS Experiment ini. Awalnya, kamu tidak akan menemukan sesuatu yang salah di permukaan pakaian.

Namun, setelah dicek melalui lensa mikroskop, barulah ketahuan ada ‘penghuni’ tak kasatmata yang mendiami pakaian kita. Bisa jadi kuman, bakteri, atau virus berbahaya sekalipun. Seperti dijelaskan Pusat Pengendalian dan Pecegahan Penyakit (CDC), bahwa virus-virus tertentu bisa bertahan selama berjam-jam di permukaan benda, termasuk pakaian.  

Sang pemilik akun tidak puas, ia pun memperbesar lensa hingga 40x zoom untuk mencari pergerakan mikroorganisme. Jangan sampai kaget ya! Ternyata tidak hanya satu, melainkan ada puluhan bahkan ratusan kuman yang tinggal di pakaian.

Diperparah lagi suasana lembab di sekitarmu bisa menjadi surga bagi bertumbuhnya bakteri.

Sekarang kebayang kan, mengapa menjaga kebersihan pakaian itu sangat penting? Khususnya di tengah pandemi ini. Kamu bisa saja membawa kuman, bakteri, dan virus ke dalam rumah dan secara tidak sengaja malah merugikan keluarga.

Makanya, penting untuk selalu membawa disinfektan sebelum masuk ke rumah. Kamu bisa menyemprotkan ke  seluruh pakaian untuk menghentikan pergerakan kuman.

Sama seperti yang dilakukan akun VS Experiment. Ia sempat menyemprotkan cairan Kispray Anti Kuman ke permukaan lensa. Hasilnya semua kuman hilang sekejap tanpa sisa.

Mengapa pelicin, pewangi, dan pelembut pakaian bisa memusnahkan kuman? Pasalnya Kispray Anti Kuman memiliki kandungan alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride sehingga mampu membunuh berbagai virus yang menempel di pakaian, sofa, sepatu, hingga jok kendaraan.

kispray-240720-1
Kispray Anti Kuman

Enggak heran kalau produk no. 1 di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2002 ini, bisa dijadikan disinfektan. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan serfikat halal agar Kispray Anti Kuman bisa dimanfaatkan untuk mencegah virus masuk ke rumah.

Eits, selain berjaga diri dengan disinfektan, pastikan juga penuhi kebutuhan nutrisi keluarga supaya tidak gampang sakit!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

  Loading comments...
Berita Populer
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas