Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Berlebihan dan Kekurangan Berat Badan Sama-sama Mengganggu Imunitas

Kalau imunitas tubuh menurun maka tubuh akan sulit melawan penyakit dan risikonya akan mudah timbulnya penyakit infeksi.

Berlebihan dan Kekurangan Berat Badan Sama-sama Mengganggu Imunitas
(oowomaniya.com)
Ilustrasi Menimbang Berat Badan.(oowomaniya.com) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Berat badan ternyata ikut mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh, baik itu yang kekurangan berat badan maupun yang kelebihan berat badan.

Dokter Spesialis Gizi Klinis dr. Imelda Goretti, Sp.GK menjelaskan orang memiliki berat badan berlebih akan mudah mengalami peradangan.

Peradangannya memang bukan yang besar hanya kecil-kecil saja misalnya masalah pencernaan tapi kalau terus menerus akan menurunkan imunitas tubuh.

Kalau imunitas tubuh menurun maka tubuh akan sulit melawan penyakit dan risikonya akan mudah timbulnya penyakit infeksi.

Baca: Presiden Ajak Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh

Baca: Tak Hanya Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini Segudang Manfaat Lain Konsumsi Jambu Biji

"Pada obesitas akan terjadu proses inflamasi yang akan mempenagruhi kerja sel imun yang ada dan pada akhirnya meningkatakn seseorang terkena penyakit infeksi," ucap dr. Imelda saat live bersama RS Eka Hospital beberapa waktu lalu.

Kemudian bagi orang-orang yang berat badannya kurang ideal maka kalori yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kerja sel imun tidak banyak.

Bahayanya kalau kalori tidak dapat menopang sistem kerja imun maka akan mudah terserang penyakit padahal di masa pandemi covid-19 ini tubuh harus tetap sehat.

Oleh karena itu dr. Imelda mengingatkan agar tetap menjaga berat badan ideal dengan makan sehat, aktivitas fisik, dan kendalikan stres.

"Kalau kurang berat badan turun mikronutrien turun, sehingga sistem imun lebih rendah dan penyakit infeksi makanya penting dalam mempertahankan berat badan ideal," ungkap dr. Imelda.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas