Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pentingnya Susu dan ASI Booster Pada Ibu yang Menyusui

susu khusus menyusui semuanya dilahap oleh ibu supaya pertumbuhan anaknya bagus.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pentingnya Susu dan ASI Booster Pada Ibu yang Menyusui
Shutterstock
Bila Anda sulit memproduksi ASI, penting untuk mengonsumsi susu ibu menyusui sebagai pelancar ASI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Saat memberikan air susu ibu (ASI), seorang ibu mesti mengonsumsi berbagai macam asupan yang diyakini dapat meningkatkan kualitas ASI.

Mulai dari sumber makanan alami, ASI booster, susu khusus menyusui semuanya dilahap oleh ibu supaya pertumbuhan anaknya bagus.

Tapi pentingkah asupan tambahan asi booster dan susu khusus menyusui?

Dokter Spesialis Obgyn, dr. Darrel Fernando Sp.OG menjelaskan ada dua jenis ASI booster pertama yang diresepkan oleh dokter dan kedua versi kemasan yang bisa didapatkan tanpa resep.

Baca: Ibu Menyusui Perlu Menambahkan Porsi Asupan Kalori Untuk Bantu Tubuh Produksi ASI 

Dua-duanya bisa membantu memoerbanyak ASI, namun untuk ASI booster yang tanpa resep sebaiknya tidak dikonsumsi saat baru melahirkan untuk mengurangi efek samping.

Saat baru melahirkan gunakan dulu ASI booster dari bahan alami misalnya dengan mengonsumsi daun katup kecuali kalau ada masalah bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapat ASI boster yang tepat.

"Untuk ASI asi booster yang aman yang baru melahrikan yang non farmokalogis yang kandungannya tradisonal, kalau ASI susah keluar bsia dikolaborasikan dengannresep dokter tapi tidak bisa sembarangan," kata dr. Darrel saat live di instagtam, Rabu (5/8/2020).

Baca: Ibu Menyusui Minum Teh, Kopi dan Makan Sambal, Apakah Pengaruhi Kualitas ASI?

BERITA REKOMENDASI

Susu khusus untuk ibu menyusui pun sangat disarankan dikonsumsi karena bukan hanya memperbanyak ASI tapi banyak kandungan yang bisa meningkatkan kandungan nutrisi di dalam ASI.

Beberapa kandungan baik pada susu diantaranya vitamin D, zat besi, omega 3, omega 5, AHA serta DHA yang dibutuhkan ibu dan bayi.

"Susu laktasi sangat dianjurkan karena sudah difortifimasi dengan berbagai kandungan, intinya yang penting konsumsi karena susu sumber vitamin," pungkas dr. Darrel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas