Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mengapa Saat Bangun Tidur Tercium Aroma Tak Sedap dari Mulut?

Saat pagi hari ketika bangun tidur mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan keadaan mulut jadi kering dan terasa asam.

Mengapa Saat Bangun Tidur Tercium Aroma Tak Sedap dari Mulut?
VinePair
Ilustrasi bau mulut 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Saat pagi hari ketika bangun tidur mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan keadaan mulut jadi kering dan terasa asam.

Dokter Spesialis Bedah Mulut, drg. Jenny Gustasiana, Sp. BM, M. Kes menjelaskan bau mulut saat bangun tidur diakibatkan karena aliran ludah yang melambat karena tubuh sedang tertidur.

Saat tidur juga tidak ada kegiatan menelan atau mengunyah yang membuat aliran ludah membasahi mulut sehingga munculah bau mulut.

"Begitu aliran ludah melambat misal saat malam tidur kenapa pas pagi baua mulut lebih tercium dibanding saat siang karena kita gak ngobrol gak minumm makan jadi alirannya stop," ungkap drg. Jenny saat live bersama RS Eka Hospital, Rabu (12/8/2020).

Baca: Bau Mulut Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Baca: Terkejut Bekas Ludah di Paket Kiriman, Pria Ini Tambah Tersentak Lihat CCTV, Aib Pelaku Terbongkar

Makanya selalu disarankan setelah bangun tidur untuk minum air putih karena selain untuk memenuhi cairan tubuh juga bisa menetralisir bau mulut karena aliran ludah kembali lancar.

"Paling gampang hilangkan bau mulut adalah minum air putih, membantu ludah kita jadi cair dan gerak lagi membasahi seluruh permukaan mulut dan gigi," kata drg. Jenny.

Namun bau mulut ini bisa diperparah oleh kondisi kesehatan tubuh juga misalnya ada masalah pada gigi sepeti gigi berlubang, lalu masalah pencernaan juga bisa bau mulut.

"Apakah bau selalu dari gigi? Itu tidak selalu, kadang bisa jadi dari sistem pencernaan kita, dari lambung, tenggorokan, bisa jadi dari situ," pungkas drg. Jenny.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas