Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bakteri Hingga Makanan, Biang Pemicu Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut yang tidak sedap bisa disebabkan oleh banyak penyebab bisa karena kondisi tubuh atau adannya faktor pemicu dari luar seperti makanan.

Bakteri Hingga Makanan, Biang Pemicu Bau Mulut Tidak Sedap
freepik.com/nensuria
Menghilangkan bau mulut saat hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Bau mulut yang tidak sedap bisa disebabkan oleh banyak penyebab bisa karena kondisi tubuh atau adannya faktor pemicu dari luar seperti makanan yang dikonsumsi.

Dokter Spesialis Gigi, drg. Andriana Nani Julifa menyebutkan bau mulut bisa terjadi karena pertama karena adanya bakteri yang terdapat pada gigi dan pada gigi berlubang bakterinya semakin banyak.

Bakteri ini bisa dikurangi dengan proses pembersihan gigi yang tepat seperti rajin menyikat gigi, berkumur setelah makan, dan banyak minum untuk memberikan pembasahan dalam mulut.

"Mulut gak mungkin steril dari bakteri jadi walaupun menggunakan gigi palsu sekalipun tetap harus disikat dan kalau air sedikit mulut kering dan oksigennya berkurang itu menimbulkan bau," ungkap drg. Andriana saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (24/8/2020).

Baca: Hati-hati Jika Anda Mengidap 4 Penyakit Ini, Diam-diam Bisa Diketahui dari Bau Mulut yang Mengganggu

Baca: Perhatikan, Berbagai Bakteri Ini Akan Menempel Bila Tak Langsung Mencuci Tangan Usai Pegang Uang

10 Tanda Ginjalmu Tidak Sehat, Perhatikan Sebelum Terlambat!
10 Tanda Ginjalmu Tidak Sehat, Perhatikan Sebelum Terlambat! (www.momjunction.com)

Kemudian bau mulut juga dipicu ada penyakit di dalam tubuh seperti maag, diabetes yang membuat kadar asam di dalam mulut semakin tinggi.

"Beberapa penyakit seperti gula, diabetes itu ada bau yang khas di mulut yang mengganggu komunikasi dan pergaulan," ucap drg. Andriana saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (24/8/2020).

Lalu makanan dengan bau-bau yang tajam tidak hanya seperti jengkol dan petai, durian pun bisa membuat aroma yang tidak sedap dan menyengat.

Terakhir rokok dan kopi termasuk faktor pemicu bau mulut karena kandungannya yang mudah menempel di gigi bahkan bisa membuat gigi jadi kuning.

"Rokok itu membuat mulut kering dan yang merokok biasanya sambil minum kopi jadi membuat pewarnaan gigi dan bikin bau mulut," pungkas dr. Andriana.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas