Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Inilah Kesamaan dan Perbedaan Antara Virus Corona dan Influenza Biasa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, virus corona baru dan virus flu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Inilah Kesamaan dan Perbedaan Antara Virus Corona dan Influenza Biasa
Tribunnews/Herudin
Petugas Satpol PP membentangkan spanduk dan poster imbauan masyarakat untuk bersama melawan Covid-19 di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020). Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat pandemi virus corona baru terus berkembang, banyak orang yang menarik ke perbandingan dengan virus penyebab influenza

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, virus corona baru dan virus flu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan. Namun, ada perbedaan penting antara kedua virus tersebut dan cara penyebarannya. 

"Ini memiliki implikasi penting bagi langkah-langkah kesehatan masyarakat yang dapat dilaksanakan untuk menanggapi setiap virus," kata WHO dalam laman resminya.

Apa kesamaan virus corona baru dan influenza? Menurut WHO, ada dua persamaan antara virus corona baru dan influenza, yakni:

Pertama, virus corona baru dan influenza memiliki gejala penyakit yang serupa. Artinya, keduanya menyebabkan penyakit pernapasan, mulai dari asimtomatik atau ringan hingga parah dan menyebabkan kematian.

Baca: Satgas Covid-19: Kampanye yang Bisa Timbulkan Kerumunan Dilarang

Kedua, kedua virus menular melalui kontak, tetesan, dan fomites. Sehingga, tindakan kesehatan masyarakat untuk mencegah infeksi juga sama

Misalnya, menjaga kebersihan tangan dan etika pernapasan yang baik, seperti menutup mulut saat batuk dengan siku tangan atau tisu.

BERITA TERKAIT

Apa perbedaan virus corona baru dan influenza? WHO menyebutkan, kecepatan penularan merupakan poin penting perbedaan antara kedua virus tersebut. 

Baca: Minyak Kayu Putih Asli Pulau Buru jadi Primadona di Masa Pandemi Covid-19

Influenza memiliki masa inkubasi atau waktu dari infeksi hingga muncul gejala yang lebih pendek dibanding virus corona baru. Begitu juga dengan interval serial atawa waktu antara kasus berturut-turutnya. 

Interval serial untuk virus corona baru sekitar 5-6 hari. Sedangkan untuk virus influenza, interval serialnya adalah 3 hari. Artinya, influenza bisa menyebar lebih cepat dari virus corona baru.

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas